Motede Belajar SKS Miliki Sejumlah Kelebihan dan Mulai Diterapkan Disejumlah Sekolah

Ketua MKKS SMA Kabupaten Purwakarta, Asep Sundu Mulyana

PURWAKARTA – Regulasi belajar Sistem Kredit Semester(SKS) mulai diterapkan di sejumlah Sekolah Menengah Atas(SMA) karena memiliki kelebihan dari metode belajar sebelumnya.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Purwakarta, Asep Sundu Mulyana mengatakan, salah satu keunggulan SKS tidak akan ada siswa yang tidak naik kelas. Sebab, bagi siswa memiliki nilai kurang bagus dapat mengulangi pelajaran tersebut.

“Jadi kalau siswa ada yang mata pelajarannya nilainya jelek, cukup mengulangi mata pelajaran yang jeleknya saja. Berbeda dengan sistem belajar sebelumnya yaitu sistem paket, kalau tidak naik kelas ini berarti harus mengulang seluruh mata pelajaran” Jelas pria yang akrab disapa Sundu itu. Jumat, (4/10/2019).

Ia menambahkan, selain itu untuk sistem SKS, siswa dapat memilih mata pelajaran yang ada di semester tertentu dengan satusn SKS yang telah ditentukan.

“Sistem SKS merupakan belajar ala perguruan tinggi yang mempunyai beberapa kelebihan dibanding dengan sistem paket yang sudah ada sejak dulu. Di antaranya siswa dapat lebih cepat dalam menempuh pembelajaran,” ungkapnya.

Siswa diwajibkan untuk ikut Unit Kegiatan Belajar  Mandiri (UKBM) dengan cara menyelesaikan modul pembelajaran yang diberikan sekolah. Sedangkan untuk bobot penilain sistem SKS nantinya akan dilihat dari keaktifan siswa pada kehadiran dan ketuntasan dalam penguasaan disetiap materi mata pelajaran.

“Dalam sistem SKS, lamanya waktu belajar tergantung pada masing-masing siswa, mau cepat atau lambat dalam menyelesaikan pembelajaran sekolah. Nah, jika ada siswa yang mampu menyelesaikan pelajaran dengan mengambil jumlah SKS banyak, siswa tersebut bisa saja menyelesaikan seluruh mata pelajaran selama 2 tahun (4 semester). Tetapi, bagi siswa yang lambat diberikan waktu untuk menyelesaikan seluruh mata pelajaran selama 4 tahun (8 semester),” tutur Sundu.

Menurutnya, di Jawa Barat yang sudah melaksanakan sistem SKS tahun pelajaran 2018-2019 adalah SMAN 10 Bandung, SMAN 2 Cirebon. Menyusul untuk tahun pelajaran 2019-2020 yakni SMAN 1 Bandung, SMAN 1 Purwakarta, SMAN 1 Ciamis dan kemungkinan ada SMA-SMA yang lainnya. (Wes)

Baca juga

Leave a Comment