Akses Gerbang Tol ke Kawasan Industri, Jadi Pioritas Pembangunan Purwakarta Tahun 2020

Bupati Purwakarta Sampaikan Pioritas pembangunan 2020 dihadapan Gubernur Jabar.

PURWAKARTA,- Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyampaikan sejumlah pembangunan prioritas pada 2020 kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam acara koordinasi penyelenggaraan pemerintah daerah (Kopdar) di Perum Jasa Tirta (PJT) II Jatiluhur, Purwakarta.

Akses gerbang tol ke kawasan industri menjadi salah satu pioritas pembangunan yang disampaikan Bupati Purwakarta yang akrab disapa Ambu Anne tersebut.

“Akses gerbang tol sebagai penunjang untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas di wilayah perkotaan Purwakarta, seperti contohnya kawasan Industri Jatiluhur dan Babakancikao sudah seharusnya memiliki akses sendiri menuju Tol” katanya disela acara. Kamis, (13/2/2020).



Baca juga: Pemkab Purwakarta Belum Dapat Pastikan Waktu Pelaksanaan Pilkades 2020

Selama ini, ditambahkan Ambu Anne, kendaraan industri setiap harinya melintasi jalur arteri dan menambah kemacetan disejumah ruas jalan hingga berpotensi seringnya terjadi kecelakaan lalu lintas.

“Di Purwakarta ada tujuh zona industri, dua kawasan satu di antaranya di Babakancikao yang perlu akses gerbang tol langsung, karena satu kawasan industri terbaru ini luasnya 1.200 hektare dan bisa menampung kurang lebih 150- 200 perusahaan, dan kalau tidak dibuka akses gerbang tol langsung akan melalui jalur arteri masuk ke kota melalui Gerbang Tol Sadang dan akan menambah kemacetan di wilayah perkotaan, begitu juga di jatiluhur ada PT Indorama yang mengajukan gerbang tol namun sampai saat ini belum terealisasi,” ujarnya.

Baca Juga : Bupati Purwakarta Setuju Tenaga Honorer Ditiadakan

Lebih lanjut Anne mengatakan, tema pembangunan di 2020 ini yaitu mengembangkan perekonomian berbasis unggulan daerah dengan infrastuktur handal.

“Hal itu sejalan dengan yang saya sampaikan tadi, maka kiranya Pak Gubernur dapat mendorong kepada pemerintah pusat untuk segera merealisasikan gerbang tol di zona industri karena sudah sangat padat,” kata Anne.

Sementara, terkait anggaran bantuan provinsi tahun 2020 diakuinya mengalami peningkatan sangat signifikan yaitu sebesar 347 % dari tahun sebelumnya, hal itu diharapkan dapat memercepat pembangunan terutama dalam bidang infrastruktur.

“Bantuan provinsi 2020 hampir 60% dialokasikan secara langsung untuk infrastuktur yang diharapkan dapat mempermudah proses perekonomian, dan juga akses pariwisata di Purwakarta sebagai salah satu prioritas pembangunan kami,” pungkasnya. (wes/dn)

Baca juga

Leave a Comment