Selain Cabai, Komoditas Sayuran di Pasar Induk Pasirhayam Mengalami Penurunan

CIANJUR – Sejumlah harga komoditas seperti cabai rawit, cabai kering, bawang merah dan bawa putih di Pasar Induk Pasirhayam Kabupaten Cianjur, Jawa Barat sudah mulai mengalami penurunan, namun untuk harga cabai belum menyentuh angka normal.

Ade Palah (33) pedagang cabai di Pasar Induk Pasirhayam mengatakan harga cabai rawit saat ini diangka Rp. 65.000 sebelumnya mencapai Rp. 85.000 per kilogram.

“Harganya sudah mulai turun sekitar dua pekan yang lalu, meskipun sudah mulai turun namun belum menyentuh di harga normal, yang mencapai sekitar Rp. 40.000 per kilogram,” kata ade.

Selain harga cabai rawit ade juga mengatakan, harga cabai keriting sekitar satu pekan yang lalu juga mengalami penurunan dari Rp. 85.000 jadi Rp. 40.000 per kilogramnya.

“Terjadinya penurunan terhadap harga cabai tersebut karena pasokan cabai dari lembang itu sudah mulai ada tetapi belum banyak seperti biasanya,”  katanya.

Ade juga mengungkapkan semenjak harga cabai mengalami kenaikan, akibatnya daya beli masyarakat mengalami penurunan, sekitar 40 persen, selain itu juga banyak cabai yang membusuk. “Sebelumnya saya dalam satu hari mampu menjual cabai sebanyak satu kwintal, namun saat imi hanya bisa menjual sekitar 60 kilogram per harinya,”

Sementara itu Eli (38) pedagang bawang yang tidak jauh dihampiri dari pedagang sebelumnya mengatakan harga bawang merah saat ini sudah muali normal mencapai Rp. 17.000 dari Rp. 24.000 perkilogram.

“Sedangkan untuk harga bawang putih mencapai Rp. 24.000 perkilogram, sebelumnya seharga Rp. 27.000.  Harganya sudah mulai stabil sekitar tiga minggu yang lalu. Dan sampai saat ini pasokan bawang dari Bandung masih berjalan normal,” pungkasnya. (zie)

Baca juga

Leave a Comment