fbpx

BPBD Cianjur Mengimbau Pengguna Jalan Untuk Lebih Hati-hati Saat Melintasi Jalur Utama Puncak

Sekertaris BPBD Cianjur, Mokhamad Irfan Sopyan

CIANJUR – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur mengimbau pengguna jalan yang menggunakan jalur Puncak untuk waspada, karena sejumlah titik di jalur tersebut rawan pergerakan tanah dan longsor.

Sekertaris BPBD Cianjur, Mokhamad Irfan, menjelaskan, diawal tahun 2020 sejumlah longsoran kecil di jalur puncak sering terjadi, namun tidak sampai hingga mengganggu arus lalulintas.

“Hingga saat ini sudah ada lima laporan terkait bencana longsor dijalur utama puncak, namun hanya longsoran kecil saja,” katanya, Rabu, (22/1/2020).

Ia mengungkapkan, meskipun longsorannya dalam skala kecil, namun ketika hujan deras terjadi di jalur utama tersebut sering terjadi pohon tumbang.

“Oleh karena itu saat memasuki musim hujan seperti ini, pengendara yang melalui jalur puncak untuk meningkatkan kewaspadaan, karena sering terjadi pohon tumbang dan memicu longsor,” jelasnaya

Menurutnya, BPBD telah melaporkan hasil asesmen ke dinas bersangkutan, terkait keberadaan sejumlah pohon dibahu jalan raya puncak yang rawan tumbang.

“Telah disampaikan ke Dinas DLH, sebagian pohon yang dinyatakan rawan tumbang sudah dilakukan penebangan, dan sebagiannya lagi tekah dipangkas,” katanya

Pihaknya menambahkan, akan segera berkoordinasi dengan intansi terkait sering terjadinya pergerakan tanah dan longsor di jalur utama puncak. (zie/dn) 

Baca juga

Leave a Comment