Warga Tuntut Camat Sukaluyu Aktifkan Kembali Pasar Sukamulya


Pasar rakyat Desa sukamulya, Kecamatan Sukaluyu, yang sempat beroperasi.

CIANJUR – Ratusan warga Kecamatan Sukaluyu, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat mendesak Camat Sukaluyu, untuk segera mengoperasikan Pasar Rakyat Desa Sukamulya. Desakan itu disampaikan oleh tokoh masyarakat Kecamatan Sukaluyu.

Menurut informasi, pasar Desa Sukamulya tersebut pernah aktif dan ramai namun menuai polemik sehingga pasar itu ditutup kembali. Namun, kali ini, para tokoh serta masyarakat mendesak kembali pihak Pemcam segera mengaktifkan kembali pasar yang terletak di Desa Sukamulya.

Dadang (47) salah seorang warga Kecamatan Sukaluyu, mengatakan, desakan para tokoh dan masyarakat agar secepatnya mengfungsikan pasar itu tidak lain untuk menumbuhkan perekonomian wilayah. Selain itu, supaya masyarakat tidak perlu menempuh jauh untuk berbelanja ke pasar.

“Kami mendesak pemcam Sukaluyu, supaya kami masyarakat tidak perlu jauh-jauh untuk berbelanja ke pasar. Karena pasar Ciranjang dan Pasar induk Pasirhayam (PIP) jaraknya cukup jauh, sehingga harus mengeluarkan ongkos cukup lumayan,” kata dia. Senin, (23/09/2019)

Pihaknya dengan tegas mendesak Kepala Camat untuk segara mungkin membuka pasar Desa. Lanjut dia, mengingat para warga se-Kecamatan Sukaluyu sangat membutuhkan sarana pasar agar warga tidak terlalu jauh untuk belanja, dan tidak hanya warga Kecamatan Sukaluyu saja, bahkan Kecamatan lain pun akan berbelanja ke Sukaluyu.

“Kami tidak akan mendesak bila tidak ada permintaan serta kesepakatan dari masyarakat yang sudah ingin difungsikan kembali pasar,” kata dia.

Sementara itu, Camat Sukaluyu, Agus Supiandi, membenarkan, bila kedatangan beberapa tokoh masyarakat ke kantornya dengan mendesak agar difungsikan kembali pasar Desa Sukamulya.

“Memang benar pasar tersebut sudah lama tidak aktif, serta tidak heran masyarakat mendesak untuk difungsikan kembali. Karena hal itu juga salah satu untuk mendongkrak kembali perekonomian di wilayah,” katanya.

Dia mengungkapkan, pihaknya akan segera membahas terkait desakan warga. Dengan cara musyawarah di Desa Sukamulya, serta rencananya akan menggandeng pengusaha atau investor untuk mengembangkan potensi kemajuan pasar.

“Kami inginnya secepat mungkin pasar tersebut difungsikan. Namun, karena banyak agenda yang harus di benahi program dari pemkab sehingga harus menunggu waktu yang tepat,” pungkasnya. (zie/naz)

Baca juga

Leave a Comment