fbpx

Pemkab Cianjur Terus Dorong Pembangunan Jalan Tol

Aris Munandar

CIANJUR-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur terus mendorong realisasi pembangunan Tol Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba) yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Kepala Bidang Perencanaan Ekonomi dan Infrastruktur Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Cianjur, Aris Munandar mengatakan, ada dua ruas jalur tol yang masuk Cianjur dalam Tol Bosuciba, Sukabumi-Ciodeng dan Ciodeng-Padalarang.

“Kami akan melakukan rapat koordinasi dengan Kementerian PUPR. Karena selain rute yang direncanakan sejak awal, ada jalur alternatif yang bisa jadi opsi jalur yang dilintasi tol tersebut,” katanya, Kamis, (16/1/2020).

Baca Juga: Disnaker Cianjur Catat 600 Pencaker Telah Bekerja Berkat Job Fair Desember 2019

Ia menjelaskan, jalur tersebut nanti akan ada yang melalui jalur utara dan berakhir di Cangklek Kecamatan Cianjur dan terus ke Ciodeng Kecamatan Sukaluyu dengan rute yang sedikit berbeda dari rute awal.

“Namun kita akan lihat dulu mana yang nantinya ditetapkan berdasarkan hasil rakor dengan Kementerian,” katanya.

Ia menyebutkan tahun ini lahan yang akan di jadikan rute Ciodeng-Padalarang sudah mulai melakukan tahapan pembebasan.

Baca Juga: Warga Tiga Desa Tak Punya Jembatan untuk Sebrangi Sungai

“Ruas jalan tol dari Ciranjang hingga Padalarang, akan melintas di lahan seluas 75,74 hektar dari 743 bidang kepemilikan. Dari luas lahan yang dilintasi, sekitar 30 hektarnya merupakan lahan pertanian dengan irigasi teknis,” ujarnya.

Dia menambahkan, Pemkab Cianjur akan terus mendorong proses dan setiap tahapan pembangunan jalan tol tersebut. Karena dengan adanya jalan tol akan mendorong pertumbuhan perekonomian.

“Dengan adanya tol, exit tol biasanya akan menjadi pusat kegiatan ekonomi yang mendorong juga ekonomi daerah,” pungkasnya.(zie/zak)

Baca juga

Leave a Comment