Kuliner Khas Jawa Barat, Rengginang, di Karawang Ada Rengginang Rasa Khas Terasi

Rengginang

KARAWANG-Rengginang merupakan kuliner tradisional yang telah eksis sejak puluhan tahun lalu di Jawa Barat. Dahulu rengginang banyak dijumpai sebagai konsumsi wajib di acara hajatan.

Tidak ada literatur yang mencatat sejak kapan rengginang dibuat. Ada yang menyebutkan bahwa pada awalnya rengginang dibuat dari sisa tape ketan. Setelah dirasa enak akhirnya rengginang dibuat sebagai makanan tersendiri dan tidak lagi dari bahan sisa.

Rengginang termasuk kuliner khas Karawang. Ada beberapa tempat di Karawang yang terkenal dengan produksi rengginangnya seperti Cibuaya, Rawagede dan Banyusari. Sebagian besar rengginang lokal di Karawang berasal dari 3 tempat itu.

Rengginang di Karawang memiliki sentuhan resep yang berbeda. Rengginang Cibuaya mengandalkan resep terasi. Sebagai daerah pesisir Cibuaya memiliki keuntungan dengan produksi terasinya yang melimpah dan khas.

Sementara itu Rengginang di Banyusari seperti di Cicinde dan Gempol memiliki perasa dari air pindang. Perasa air pindang menjadikan rengginang-nya berbeda dengan daerah lain. Rengginang Cicinde memanfaatkan kelimpahan air pindang dari produksi utama desa tersebut sebagai sentra cue/ ikan pindang.

Kalian suka rengginang dari daerah mana? (red).

Sumber : Sundapura.com

Baca juga

Leave a Comment