DLH Cianjur Sebut Masih Banyak Perusahaan Buang Limbah ke Sungai

Kasi Pengendalian Pencemaran Lingkungan, Dinas Lingkungam Hidup (DLH) Cianjur, Evi Hidayah. (Foto : Fauzi/Praja).

CIANJUR-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menyebutkan masih banyak terdapat perusahaan dengan klasifikasi kecil menengah yang membuang limbah olahan ke aliran sungai.

Kasi pengendalian pencemaran lingkungan, Evi Hidayah, mengatakan, dalam melakukan pengawasan terhadap perusahaan yang menghasilkan limbah olahan dan domestik tersebut dilakukan pelaporan dalam enam bulan sekali.

“Kalau misalkan tidak ada yang terlalu penting, sesuai dengan pelaporan dokumen kajian lingkungan atau Upaya Pengolahan Lingkungan Hidup (UKL), Upaya Pemantuan Lingkungan Hidup (UPL) dan Amdal dilakukan selama enam bulan sekali,” katanya, Kamis (3/10/2019).

Baca juga : Pemkab Cianjur Siap Gelar Pilkades Serentak

Setelah itu, lanjutnya, setelah mendapatkan laporan dari perusahaan tersebut langsung dilakukan pengecekan kelapangan untuk menyesuikan dengan laporan yang telah diterima.

“Saat ini masih terdapat sekitar seratusan lebih pabrik rumahan dan perusahaan dengan klasifikasi kecil menengah yang masih membuang limbah olahan ke aliran sungai,” ungkapnya.

Menurutnya, perusahaan dan pabrikan rumahan itu rata-rata tidak memiliki izin atau dokumen yang jelas.

“Karena jumlahnya banyak, dan keterbatasan anggota jadi sulit untuk diawasi,” ucapnya.

Sedangkan untuk perusahaan dengan klasifikasi menengah keatas sudah memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan untuk limbah domstik terdapat septic tank.

“Dalam satu tahun sering dilakukan sosialiasi terkait dengan cara pengolahan limbah kepada perusahaan kecil, menengah hingga besar agar limbah yang dihasilkan tidak dibuang sembarangan,” tutupnya. (zie/tif).

Baca juga

Leave a Comment