fbpx

Diskoperdagin Cianjur Sosialisasikan Pentingnya Jasa Transportasi Berbadan Hukum

Kabid Koperasi dan UMKM Diskoperidagin Cianjur, Indra Sunggara.

CIANJUR-Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskoperdagin) Kabupaten Cianjur akan segera mensosialisasikan ke sejumlah pengusaha angkutan umum, terkait pentingnya membentuk perusahaan berbadan hukum dalam jasa trasportasi.

Kabid Koperasi dan UMKM, Diskoperindag Kabupaten Cianjur, Indra Sunggara, menjelaskan, berdasarkan data yang dimiliki Diskoperindag sejauh ini hanya ada tiga koperasi UMKM berbadan yang bergerak dijasa angkutan umum.

“Keempat koperasi UMKM tersebut ialah, Koperasi Trans Bahagia, Koperasi yang bergerak khsus di jalur trayek Cianjur-Bogor, kedua Koperasi Kahuripan, koperasi khusus angkutan dalam kota, dan koperasi Sonya Wahana Sakti,” katanya, Selasa (14/1/2020).

Baca juga : Kementrian PUPR Gunakan Alat Berat Bersihkan Material Longsor Tanjakan Mala

Ia mengatakan, minimnya pengusaha jasa angkutan yang tidak memiliki perusahaan berbadan hukum. Menurutnya, banyak perusahaaan yang bergerak di jasa angkutan umum yang gulung tikar.

“Berdasarkan informasi yang saya terima, sejauh ini saja kan jumlah angkutan umum yang di Cianjur terus mengalami penyusutan karena kurang baik dalam pengelolaan keuangannya,” jelasnya.

Menurutnya, setidaknya apabila para pengusaha yang bergerak dalam bidang alat trasportasi tersebut telah memiliki perusahaan berbadan atau membentuk koperasi UMKM, pihak pengelola dapat memahami pengelolaan keuangan secara mandiri.

“Oleh kareha itu akan segera kami kumpulkan, atau kami yang akan melakukan sosialisasi secara langsung kepada mereka terkait pentingnya perusahan yang berbadan hukum di bidang angkutan umum,” ujarnya.

Pihaknya menambahkan, semoga upaya yang akan segera dilakukan tersebut dapat meminimalisir penyusutan angkutan umum di Kabupaten Cianjur, khususnya jalur Cianjur Selatan.

“Tidak hanya itu, setelah itu juga kami pasti akan memberikan pendampingan kepada para pengusaha jasa angkutan umum itu,” paparnya. (zie/tif).

Baca juga

Leave a Comment