7 Cara Menghasilkan Uang Jutaan Rupiah dari Game

Untuk bisa menghasilkan uang dari bermain game tentu bukan hal yang cukup mudah, perlu adanya keseriusan dan ketekunan dalam menjalankannya.

Namun tidak menutup kemungkinan juga kita bisa mencoba salah satu dari 7 cara menghasilkan uang dari bermain game. Kita tinggal menentukan cara mana yang lebih cocok untuk kita lakukan.

Meraup keuntungan dari industri game ini terbilang cukup menyenangkan, selain bisa mendapatkan keseruan, kita juga bisa mendapatkan keuntungan ketika memainkan sebuah permainan.

Berikut dibawah ini 7 Cara Menghasilkan Uang dari Game, silahkan pilih salah satu yang paling cocok untuk dijalankan :

1. Streamer Game

Cara ini, pemain game bisa menyiarkan permainannya secara real-time di beberapa platform live streaming. Beberapa diantaranya yang paling populer adalah Youtube, Facebok, Nimo TV dan Twitch.

Kendala:
Secara konsep, syarat untuk menjadi Streamer Live Streaming dibilang cukup sederhana. Kita cukup membuat video live streaming kita agar memiliki banyak penonton.

Namun disinilah tantangannya, bagi sebagian orang hal ini cukup sulit. Butuh kreativitas dan keunikan tersendiri agar video live streaming kita memiliki banyak penonton.

Selain itu, hal yang menjadi tantangan sebagai seorang Streamer Live Streaming adalah faktor pendukung yang harus bisa menangani aktifitas live streaming. Seperti perangkat komputer atau handphone, kecepatan unggah internet yang harus kita miliki juga harus stabil dan memiliki kecepatan yang tinggi.

Cara Memulai:
Ketika semua kendala yang harus kita selesaikan sebelumnya sudah dianggap terselesaikan, kita bisa langsung memulai dengan mendaftarkan diri ke salah satu atau beberapa platform yang menyediakan layanan video live streaming.

Untuk facebook sendiri contohnya, ada beberapa ketentuan yang harus dilakukan oleh para streamer, mulai dari target jumlah jam streaming hingga target jumlah penonton yang harus kita capai.

2. Penulis Game

Bagi yang memiliki hobi menulis, cara ini bisa menjadi alternatif lain yang lebih menyenangkan. Beberapa hal yang biasanya dilakukan oleh penulis game ini, mereka akan menuliskan beberapa ulasan tentang game yang mereka tulis.

Ulasan tersebut bisa berupa berita tentang perkembangan industri game, mengulas alur permainan, bahkan sampai membuat tutorial lebih spesifik di salah satu game yang ditulis.

Kemampuan menulis tersebut bisa kita manfaatkan dengan berbagai cara. Bagi yang memiliki situs sendiri, kita bisa menyimpan tulisan tersebut di situs yang kita miliki dan mulai me-monetize situs kita jika memang memiliki traffic pembaca yang tinggi.

Atau bisa juga kita membuat tulisan untuk situs-situs yang memang membuka peluang bagi para penulis lepas. Biasanya penulis akan dibayar per judul artikel, dan besarannya bisa bermacam-macam. Ada yang puluhan ribu hingga ratusan ribu per judul tulisan.

Kendala:
Karir sebagai penulis game saat ini juga bisa dibilang cukup berat persaingannya. Hal tersebut tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para penulis game.

Penulis dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan industri game yang saat ini sedang berkembang. Selain itu, penulis juga dituntut untuk bisa memainkan dan menyelesaikan permainan dari sebuah game.

Hal tersebut diperlukan agar kualitas tulisan yang kita buat bisa lebih menarik dan bisa mengundang banyak pembaca.

Cara Memulai:
Jika ingin menjadi seorang penulis game untuk situs atau perusahaan lain, kita bisa menawarkan tulisan yang kita buat ke beberapa situs yang memang fokus menyediakan informasi game.

Berdasarkan hasil dari ranking situs Alexa, di Indonesia sendiri ada beberapa situs yang fokus mengulas tentang berbagai informasi game, diantaranya adalah duniaku.net, GGWP.id dan lainnya.

Tapi bagi yang ingin membangun situs sendiri, maka kita cukup membuat situs khusus dan menyimpan tulisan kita di situs tersebut. Namun cara ini sebenarnya memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Karena untuk bersaing dengan situs-situs besar, kita harus benar-benar sabar dan berusaha untuk meningkatkan pengunjung.

3. Membuat Video Panduan atau Tutorial

Bidang karir ini sebenarnya hampir mirip seperti penulis game diatas, yang membedakannya hanyalah produk atau karya yang dihasilkan.

Di bidang ini, kita bisa membuat panduan atau tutorial dari sebuah game dalam bentuk video.

Saat ini bisa dibilang cukup banyak para pemain game yang mengalami kesulitan untuk menyelesaikan beberapa tantangan yang terdapat pada game. Tentu hal tersebut merupakan peluang tersendiri bagi para pembuat video panduan atau tutorial game ini.

Kendala:
Untuk membuat panduan atau ulasan dari sebuah game, tentunya kita harus lebih dulu memecahkan segala tantangan dalam game tersebut. Dan kita harus mengetahui informasi game yang saat ini sedang populer.

Tentunya bidang ini juga memiliki persaingan yang cukup ketat. Terutama jika kita akan membuat video panduan atau tutorial dari game yang sedang populer.

Selain syarat kemampuan teknis dalam memainkan game harus mumpuni, kita juga harus memiliki fasilitas pendukung untuk menjalankan beberapa game yang akan kita buat panduan dan tutorialnya.

Cara Memulai:
Untuk memulainya, kita cukup merekam beberapa panduan cara menyelesaikan tantangan atau tugas tertentu yang ada di dalam sebuah game dan mengunggahnya ke situs layanan video yang saat ini ada, salah satunya yang paling besar adalah Youtube.

Tidak berbeda jauh seperti seorang streamer, salah satu syarat utama agar kita bisa mendapatkan uang dari karya kita adalah dengan cara membuat video yang memiliki penonton yang banyak. Dari video tersebut, kita nantinya akan mendapatkan komisi dari iklan yang dimunculkan.

Atau jika memang channel Youtube kita sudah besar, tidak sedikit perusahaan pembuat game yang akan meminta untuk menjalin kerjasama dengan channel Youtube yang kita miliki.

4. Menjadi Host Gaming Podcast

Cara ini mungkin bisa dibilang relatif lebih mudah. Karena kita cukup mengundang beberapa orang yang memang berkarir dalam industri game. Mulai dari perusahaan pembuat game, hingga pemain pro player yang saat ini sedang naik daun.

Kendala:
Walaupun cara ini dibilang relatif cukup mudah, tapi bukan berarti tidak ada tantangan yang harus kita hadapi.

Untuk membuat podcast yang khusus mengulas game, tentu sebagai host atau pembawa acara podcast, minimal kita harus tau dan mengikuti perkembangan dunia game.

Tidak berbeda dengan seorang streamer live streaming, tentu kita harus bisa mengemas podcast tersebut menjadi lebih menarik dibandingkan dengan channel lain.

Karena syarat mutlak agar podcast kita bisa menghasilkan uang yang cukup besar adalah kita harus membuat podcast yang memiliki banyak penonton.

Agar podcast kita bisa mendapatkan iklan dari pemiliki situs atau platform yang kita gunakan, podcast kita juga nantinya bisa mengundang banyak sponsor.

Cara memulai:
Jika memang segala kendala diatas sudah bisa kita selesaikan dan perangkat podcast sudah kita miliki, kita cukup mendaftarkan diri ke platform penyedia layanan unggahan video seperti Youtube.

Jika video podcast kita memang memiliki banyak penonton, kita tinggal bisa menikmati hasilnya.

5. Memenangkan Turnamen

Bagi yang hanya memiliki kemampuan teknis dalam memainkan game saja, cara ini sepertinya yang paling cocok. Kita cukup mengasah kemampuan kita dalam memainkan game tertentu dan jadilah seorang pro player.

Untuk menghasilkan uang dari bermain game dengan cara ini, kita tidak dituntut hal lain selain kemampuan dalam memainkan game saja.

Kendala:
Karena cara kita menghasilkan uang dari game ini dengan cara memenangkan turnamen, tentunya kita harus menghadapi tantangan yang sangat berat. Kita harus bisa bersaing dengan puluhan bahkan mungkin jutaan pemain lain jika memang turnamen yang diikuti merupakan turnamen terbuka untuk umum.

Cara Memulai:
Ada beberapa jenis turnamen yang saat ini bisa kita ikuti. Ada turnamen resmi yang diadakan oleh perusahaan pembuat game itu sendiri, atau juga turnamen yang diselenggarakan oleh pihak diluar dari pembuat game tersebut.

Biasanya, jika turnamen yang akan kita ikuti tersebut sifatnya resmi dan terbatas, kita harus menjadi bagian dari klub atau tim e-sport resmi. Di Indonesia sendiri, ada banyak tim e-sport yang cukup besar, beberapa diantaranya adalah Evos, Bigetron, RRQ, ONIC dan yang lainnya.

Namun jangan khawatir, banyak game yang di dalamnya menyelenggarakan turnamen resmi yang dapat diikuti oleh siapapun. Biasanya, syarat untuk mengikuti turnamen tersebut hanya bisa diikuti oleh pemain yang memiliki level atau tingkatan tertentu di dalam gamenya.

Jika memang anda percaya diri memiliki kemampuan bermain game yang hebat, anda bisa menawarkan diri untuk menjadi bagian dari tim e-sport tersebut diatas. Tentunya persyaratannya pun akan sangat ketat.

Namun ada alternatif lain, jika memang tidak memungkinkan untuk menjadi anggota tim atau klub e-sport besar, kita bisa membuat tim sendiri dan mengikuti beberapa turnamen yang sering diadakan oleh pihak-pihak lain.

Saat ini banyak sekali turnamen-turnamen game yang sifatnya terbuka untuk umum dan memiliki syarat yang relatif lebih ringan. Namun memang, hadiah yang ditawarkan terbilang lebih kecil jika dibandingkan dengan turnamen yang diselenggarakan secara resmi.

6. Game Tester

Sebelum game di rilis untuk umum, biasanya para pembuat game akan mencari beberapa game tester yang bertugas untuk menguji coba game tersebut.

Seorang game tester ini biasanya memiliki tugas untuk mencari dan mendokumentasikan jika terdapat beberapa kesalahan fungsi atau bug dalam sebuah game.

Kendala:
Pengujian game tidak hanya terbatas pada perangkat lunak itu sendiri, namun juga terkait dengan dukungan terhadap beberapa jenis perangkat keras.

Penguji coba game, dituntut untuk memiliki sebanyak-banyaknya jenis perangkat keras yang nantinya akan digunakan untuk melakukan uji coba game.

Terutama jika game tersebut adalah game yang ditujukan untuk penggunaan di perangkat smartphone. Tentu sebagai seorang game tester, kita dituntut untuk memiliki berbagai macam jenis dan merk handphone.

Cara Memulai:
Kita bisa memulainya dengan cara membuka jasa uji coba game di beberapa platform kerja online seperti freelancer.co.id, projects.co.id, upwork.com dan lain sebagainya.

Baca Juga : Beberapa Situs untuk Mencari Pekerjaan Online, Cocok di Masa Pandemi

Jika cara diatas dirasa masih sulit, kita bisa melamar ke beberapa perusahan pembuat game untuk posisi sebagai game tester.

7. Menjual Akun atau Item Digital Game

Sebenarnya untuk cara menghasilkan uang dari bermain game dengan cara menjual akun, tidak kami rekomendasikan jika tujuannya adalah untuk karir masa depan.

Walaupun memang harga sebuah akun game itu relatif cukup mahal, namun jika kita mau menghitung beberapa hal yang harus kita investasikan, tentunya tidak akan seimbang.

Contoh, untuk memiliki akun level tinggi, kita harus menginvestasikan waktu kita untuk mencapai level tertentu. Tentu hal tersebut tidak sebanding dengan apa yang akan kita dapatkan saat menjual akun tersebut.

Tapi cara ini bisa menjadi alternatif terakhir jika memang kita sedang membutuhkan sejumlah uang untuk kebutuhan lain yang lebih penting.

Selain dengan cara menjual akun, kita juga bisa menjual item digital yang terdapat pada sebuah game. Setiap game memiliki item dan mata uang nya masing-masing. Contohnya di dalam game Mobile Legends sendiri, kita bisa menjual diamonds yang berfungsi untuk membeli karakter atau item pendukung lain di dalam game tersebut.

Kendala:
Jika kita ingin menjual akun, tentu kendala terbesarnya adalah nilai investasi yang harus kita keluarkan tidaklah sedikit, terutama masalah waktu. Membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk membuat akun yang kita miliki bisa mencapai level tertentu.

Namun jika kita hanya berniat untuk menjual item pada game, kita harus memiliki modal untuk menjadi seorang reseller.

Cara Memulai:
Untuk memulai menjadi seorang reseller item game, kita tentukan terlebih dahulu apa yang akan kita jual. Sebelum menjadi seorang penjual item digital game official, kita bisa memulainya dengan cara menjadi seorang reseller dari penjual lain yang memang menawarkan harga khusus untuk seorang reseller.

Jika misalnya kita ingin menjadi reseller diamonds untuk game Mobile Legends, kita bisa mendaftarkan diri di situs resmi yang menjual diamonds. Lalu kita tinggal promosikan dibeberapa platform media sosial, jika ada yang berminat, kita cukup meminta ID akun dari pembeli tersebut dan kita mulai melakukan transaksi di situs yang menjual diamonds tersebut.

Baca juga: 5 Daftar Aplikasi Game Penghasil Uang, Hasilnya Bisa Jutaan Rupiah

 

 

Baca juga

Leave a Comment