Fasilitas Baru Lira Medika Pasang Ring Jantung

KARAWANG-Sebagai salah satu rumah sakit terbesar di Kabupaten Karawang, Jawa Barat Lira Medika Karawang semakin melengkapi pelayanan fasilitas medisnya. Terbaru, Rumah Sakit Lira Medika Karawang mempunyai layanan PCI atau yang biasa dikenal dengan pasang ring jantung.
“Jadi, warga Karawang dan sekitarnya yang membutuhkan pelayanan PCI ini tidak usah jauh-jauh, karena di Lira Medika sudah ada,” kata dr. Aditya Nugraha, Humas RS Lira Medika Karawang, Kamis (27/4).

dr. Aditya menjelaskan, pasang ring jantung adalah tindakan medis yang bertujuan untuk menangani masalah pada pembuluh darah koroner yang tersumbat maupun yang menyempit. Lalu, sambung dr. Aditya, siapa yang memerlukan fasilitas ini, pemasangan ring jantung untuk  seseorang yang mengidap penyakit jantung koroner.

Sedangkan, lanjutnya, penyakit jantung koroner (PJK) sendiri merupakan kondisi yang terjadi akibat adanya sumbatan pada pembuluh darah koroner (pembuluh darah yang berfungsi untuk memberi suplai darah, nutrisi dan oksigen ke otot jantung). Sumbatan ini menyebabkan suplai darah menuju otot jantung akan berkurang atau yang paling parah, bisa terhenti suplainya yang dapat mengakibatkan otot jantung tidak mendapatkan nutrisi dan oksigen akhirnya detak jantung berhenti dan mengakibatkan kematian.

Aapun ciri-ciri seseorang harus pasang ring jantung, kata dia, ketika arteri koroner penuh dengan plak yang menghambat aliran pembuluh darah. Kemudian, nyeri pada bagian dada sebelah kiri (angina) akibat dari pembuluh darah koroner yang tersumbat atau mengalami penyempitan. Terakhir, tes kondisi jantung (EKG, Treadmill, ECHO) menunjukkan hasil yang abnormal.
“Fungsi dari pemasangan ring jantung sendiri adalah untuk melancarkan aliran darah dan oksigen dengan cara memperbesar rongga pembuluh darah yang mengalami penyempitan atau penyumbatan. Perlu diketahui, pemasangan ring jantung tidak dilakukan pada semua pasien dengan penyakit jantung koroner,” terangnya.

Lalu, berapa lama ring jantung bisa bertahan. dr. Aditya juga menjabarkan jija sekali pasang ring jantung, sifatnya permanen. Terlebih bila stent itu berbahan logam titanium. Hanya ada 2-3 persen risiko pembuluh darah kembali tersumbat.
“Lira Medika sebagai rumah sakit lengkap dan modern di Karawang menghadirkan layanan unggulan yang berfokus pada serangan jantung, DSA, Vertigo dan lain halnya yaitu layanan Cardiovascular Center yang di mana layanan ini adalah salah satu layanan unggulan dari Rumah Sakit Lira Medika Karawang,” paparnya.

Selain itu, Lira Medija juga memberikan fasilitas untuk berkonsultasi secara langsung dengan tenaga medis yang professional di bidangnya dengan meng akses aplikasi Lira Care, yaitu aplikasi yang memudahkan kalian untuk appointment secara online dan lain sebagainya.(dit)

Baca juga

Leave a Comment