fbpx

Waspada, Longsor Hingga Tutup Jalan Kerap Terjadi di Cianjur

Tim Gabungan BPBD dan TNI/Polri dibantu masyarakat membersihkan material longsor

CIANJUR-Lagi-lagi bencana tanah longsor hingga menutup akses jalan terjadi di Kabupaten Cianjur. Kali ini di Kampung Tangkil Kaler RT 03/01, Desa Babakan Karet, Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur. Akibatnya, akses jalan utama di wilayah itu sempat terputus karena tertutup material longsor.

“Tanah longsor yang menerjang kawasan tersebut terjadi sekitar pukil 10.00 WIB dan diduga akibat tingginya curah hujan yang mengguyur sejak malam hingga siang,” kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Mokhammad Irfan Sofyan, Kamis (20/2/2020).

Akibat hencana longsor tersebut, jelasnya akses jalan utama di kawasan itu sempat tertutup karena material longsoran tanah dan  disertai lumpur itu dengan lebar 15 meter dan tebal 8 meter menutup badan jalan.

Ia mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, Namun, akses jalan yang serijg digunakan warga sekitar sempat dialihkan ke jalur alternatif terdekat bagi warga yang akan beraktifitas.

“BPBD yang dibantu bersama personel gabungan bergerak cepat untuk melakukan evakuasi tanah longsor. Bahkan, kita sempat menurunkan satu unit alat berat dan mobil tangki air untuk membersihkan badan jalan dari material longsoran,” ucapnya.

Ia menambahkan, dalam proses evakuasi tanah longsor telah dilakukan petugas gabungan. Dan untuk saat ini akses jalan telah dapat dilalui baik, kendaraan roda dua maupun roda empat.

“Meskipun sudah dapat dilalui kendaraan roda empat maupun roda dua. Kami mengimbau masyarakat yang akan melintasi jalur tersebut agar selalu berhati-hati karena kondisi jalan masih licin dan sering terjadi hujan,” pungkasnya.(zie/zak)

Baca juga

Leave a Comment