Waspada, Ini Delapan Gejala Maag Yang Sering Muncul

Ilustrasi

PRASASTIJABAR.NET-Penyakit maag bisa menyerang siapapun tanpa memandang usia. Datangnya sakit maag bisa bikin kacau segala aktivitas. Sebelum terlambat jadi kronis, waspadai gejala-gejala naiknya asam lambung penyebab maag .
Ini delapan gejala maag yang sering muncul :

1. Sakit dada seperti terbakar
Gejala paling awal yang biasanya dirasakan ketika maag muncul yakni dengan naiknya asam lambung. Produksi asam dalam jumlah banyak pada lambung, akan membuatnya mengalir naik ke atas.

Selanjutnya, asam lambung akan terus mengalir hingga ke ulu hati, dada, lalu mencapai kerongkongan. GERD atau refluks asam lambung merupakan salah satu penyebab maag yang memiliki ciri khas seperti ini, dada seperti terbakar.

2. Perut kembung
Gejala naiknya asam lambung karena maag biasanya akan menghasilkan banyak gas di dalam perut. Penumpukan jumlah gas tersebutlah yang kemudian membuat perut terasa kembung, seperti penuh terisi banyak makanan atau minuman.
Padahal sebenarnya, bukan makanan dan minuman yang membuat perut kembung. Melainkan karena banyaknya jumlah gas yang dihasilkan oleh asam lambung.

3. Sakit perut
Tidak jauh berbeda dengan rasa nyeri pada dada, sakit perut sebagai gejala maag ini bisa disebabkan oleh beragam penyakit tertentu.

Misalnya peradangan lambung atau gastritis, tukak lambung, sindrom iritasi usus (IBS), infeksi pada perut, dan lain sebagainya terkait sistem pencernaan. Selain itu, tingkat keparahan sakit perut ini juga biasanya berbeda-beda pada setiap orang, bahkan setiap waktu.

4. Mual dan muntah
Mual dan muntah bisa menjadi gejala maag yang disebabkan oleh berbagai gangguan pencernaan. Misalnya peradangan lambung atau gastritis, tukak lambung, maupun infeksi perut.

Selain karena penyakit tertentu, maag juga bisa disebabkan oleh kebiasaan makan yang terlalu berlebihan bahkan sangat cepat. Terlebih ditambah dengan adanya peningkatan asam lambung yang naik ke kerongkongan, sakit perut, hingga nyeri pada dada.

5. Mulut terasa asam dan pahit
Selain mengalami ketidaknyamanan pada perut, dada, disertai dengan mual dan muntah, mulut biasanya juga terasa asam atau pahit. Ini terjadi karena asam lambung, serta makanan dan minuman yang baru dikonsumsi justru kembali ke kerongkongan.

6. Sering bersendawa
Sendawa yang merupakan satu dari beberapa gejala maag ini biasanya terjadi berulang kali, tidak peduli Anda sudah atau belum makan. Kondisi ini memang bisa terjadi secara otomatis, demi meringankan keluhan perut yang sakit dan penuh dengan asam, gas, serta udara.

7. Mudah terasa kenyang
Ketika diserang oleh gejala maag, perut biasanya terasa sakit karena dipenuhi oleh produksi asam lambung serta gas. Kondisi ini yang tanpa sadar membuat Anda merasa kenyang, seperti baru saja makan dan minum.

Padahal, mungkin belum ada sesuap nasi atau bahkan setenggak air pun yang masuk ke dalam perut Anda. Itu sebabnya, gejala maag kadang bisa membuat Anda malas makan karena merasa sudah kenyang.

8. Merasa tidak nyaman setelah makan
Serupa dengan perasaan yang mudah kenyang, Anda juga akan merasakan perut yang sangat penuh dan kekenyangan setelah makan. Padahal mungkin saja, porsi makanan yang Anda makan sebenarnya sedikit.

Jika dibandingkan ketika tidak sedang mengalami maag, porsi makanan sekali makan bisa jauh lebih banyak daripada saat maag. Tentu saja, porsi makanan dalam keadaan normal tersebut tidak akan membuat Anda merasa kekenyangan setelahnya. (red).

Sumber : hellosehat.com

Baca juga

Leave a Comment