Ini Empat Golongan Yang Diperbolehkan Tidak Berpuasa Bulan Ramadan

Puasa/net

PRASASTIJABAR.CO.ID-Setiap bulan Ramadan, setiap umat Islam diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh. Namun, Islam adalah ajaran rahmat yang memberikan kemudahan kepada pemeluknya untuk tidak berpuasa jika dalam keadaan tertentu yang dibenarkan syariat.

Berikut ada empat golongan yang diperbolehkan untuk tidak menjalankan ibadah puasa, di antaranya :

1. Orang yang sakit
Orang yang sakit diizinkan atau diperbolehkan untuk tidak menjalankan ibadah puasa apabila kondisinya sangat menyakitkan. Namun, jika sudah dalam kondisi sembuh, mereka harus mengqhada puasanya atau menggantinya di hari lain.

2. Dalam perjalanan atau musafir
Mereka yang melakukan perjalanan jauh atau musafir (bukan untuk maksiat tetapi beribadah) mendapatkan keringanan untuk tidak berpuasa. Namun, mereka akan tetap mempunyai pilihan untuk berpuasa atau tidak.

3. Lanjut usia atau dalam keadaan lemah
Ketika orang lansia yang memiliki keadaan lemah dan sakit-sakitan serta merasa berat untuk menjalankan ibadah puasa, mereka diperbolehkan untuk tidak melaksanakannya, tetapi harus menggantinya dengan membayar fidyah.

4. Hamil dan menyusui
Hal yang terjadi pada wanita ketika hamil dan menyusui, maka mereka mendapatkan keringanan untuk tidak menjalankan puasa. Tetapi, tetap harus menggantinya di lain hari. (red).

Baca juga

Leave a Comment