fbpx

Target PAD Sektor Pariwisata Cianjur Capai 104 Persen

Sekertaris Disparpora Kabupaten Cianjur, Munajat

CIANJUR-Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olah raga (Disparpora) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat mencatat selama 2019 Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata mencapai sekitar Rp 6,52 miliar atau 104 persen dari target sebesar Rp 6,21 miliar.

Sekertaris Disparpora Kabupaten Cianjur, Munajat mengatakan, tercapaiannya target PAD dari sektor pariwisata tersebut yaitu dari objek wisata Kebun Raya Cibodas (KRC), Cikundul, dan Cirata.

“Hingga saat ini Cibodas, Cikundul, dan Cirata masih menjadi tempat favorit sejumlah wisatawan lokal hingga dari luar daerah, meskipun masih terdapat sejumlah destinasi lainnya,” katanya, Selasa (14/1/2020).

Baca Juga: Musim Hujan, Minat Kunjungan ke KRC Berkurang

Menurutnya, wisatawan yang sering mengunjungi objek wisata tersebut yaitu warga lokal, bahkah luar daerah hingga mancan negara, sepert dari warga Timur Tengah, Eropa dan Amerika.

“Wisatawan di luar daerah masih didominasi warga Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya. Sedangkan warga asing berasal dari Timur Tengah,” katanya

Ia mengungkapkan, capaian PAD dari sektor wisata tahun 2019 merupakan peningkatan yang drastis. Sebab, pada 2018 lalu pihaknya justru belum bisa mencapai target dari soktor tersebut.

Baca Juga: Diskoperdagin Cianjur Sosialisasikan Pentingnya Jasa Transportasi Berbadan Hukum

“Pada tahun 2018 PAD dari sektor wisata, tercapai Rp 4,8 miliar dari targer sebesar Rp 6,4 miliar,” ungkapnya.

Pihaknya menambahkan, target PAD dari sektor wisata untuk 2020 dinaik menjadi sebesar 6,83 persen. Hingga Januari saat ini lanjut dia, sudah tercapai sebesar Rp 120 juta.

“Agar tercapainya target tersebut, Kami akan melakukan sejumlah upaya seperti pembenahan beberapa tempat objek wisata. Semoga hingga akhir Desember 2020 target PAD tersebut dapat tercapai,” pungkasnya.(zie/zak)

Baca juga

Leave a Comment