fbpx

Damkar Cianjur Evakuasi Sarang Tawon Vespa dari Rumah Warga

Sarang tawon vespa yang berhasil dievakuasi Damkar Cianjur dari rumah warga

CIANJUR-Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Cianjur dibantu anggota Polisi/TNI serta warga melakukan evakuasi sarang tawon vespa sebesar 1 meter lebih dari rumah warga, di Kampung Babakan, Desa Maleber, Kecamatan Karangtengan Kabupaten Cianjur.

Ayi (40) pemilik rumah mengatakan, sarang tawon vespa berada diatas genteng lantai tiga rumah dan baru ketahuan semenjak dua pekan terakhir.

“Awalnya tidak tahu, namun baru ketahuan ketika saat akan membersihkan penampungan air, sarang tawon vespa sudahcsebesar ember cet,” katanya pada wartawan, Sabtu (15/2/2020).

Karena dikhawatirkan menyengat keluarga dan waga sekitar lanjut dia, sempat menghubungi pawang tawon. Tetapi pawang tersebut tidak sanggup karena sarangnya terlalu besar.

“Oleh sebab itu saya langsung menghubungi Babinsa dan Babinkantibmas lalu menghubungi tim damkar. Sejauh ini belum ada keluarganya tetsengat, namun pernah ada beberapa warga yang tersengat tawon vespa hingga bengkak dan sakit,” jelasnya.

Komandan Regu (Danru) Pos II Ciranjang, Damkar Cianjur, Daryana mengatakan, penanganana sarang tawon kali ini merupakan penangan yang kedua kalinya dalam satu bulan terkahir.

“Penanganan sarang tawon dengan ukuran besar sudah keduakalinya, namun untuk penganangan sarang tawon berukuran kecil, ular kobra dan ular sanca telah mencapai 50 kali penanganan,” katanya.

Menurut, untuk penanganan sarang tawon tersebut tidah menggunakan alat khusus atau pakaian khsusus, hanya menggunakan peralatan dan perlindungan seadanya. Karena selamai ini Damkar Cianjur tidak memili anggaran khsusu dalam penangana Atau penyelamatan hewan tertentu.

“Bagi masyarakat mendapat adanya sarang tawon vespa atau keberadaan ular kobra dilingkungan rumah, diharapkan untuk segera memanggil animal rescue atau kami,” pungkasnya.(zie/zak)

Baca juga

Leave a Comment