Tak Manfaatkan Jabatan, Ruhimat Perpanjang SIM Sendiri

Bupati Subang, Ruhimat saat melakukan proses perpanjangan SIM di Polres Subang.

SUBANG – Bupati Subang, Ruhimat telah memberikan contoh yang baik kepada masyarakat Subang dengan mengurus sendiri perpanjangan kepemilikan Surat Izin Mengemudi (SIM) A dan C sesuai ketentuan yang berlaku di Mapolres Subang pada Rabu (21/8/2019). 

Bupati Subang didampingi secara langsung oleh Baur SIM Polres Subang, Aiptu Harry mewakili Kapolres Subang AKBP Muhammad Joni. Aiptu Harry sangat mengapresiasi langkah Bupati Subang.

“Walaupun memiliki asisten dan sopir pribadi, di sela-sela kesibukan beliau masih sempat mengurus sendiri dan apa yang dilakukan Beliau adalah memberi contoh yang terbaik kepada masyarakat dalam berlalu lintas,” kata Harry saat di wawancarai melalui pesan whatsapp.

Setelah proses perpanjangan SIM selesai, Ruhimat bertolak menuju ruangan Pelayanan Pembuatan SIM, BPKB dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) Polres Subang.

Diungkapkannya, saat pengurusan perpanjangan SIM di Mapolres, dirinya sangat terkesan dengan sistim dan pelayanan yang diterapkan, dimana dalam waktu lebih kurang sepuluh menit proses pembuatan SIM sudah selesai.

“Dengan IT yang sudah sangat canggih perpanjangan SIM hanya memakan waktu kurang dari 10 menit, kecuali bagi Pemohon SIM baru mulai dari prosedur pendaftaran, tes uji sampai foto dan sidik jari, dalam hitungan tidak sampai 30 menit, SIM selesai. Saya sangat terkesan sekali dengan sistim yang diterapkan Polres Subang dalam pembuatan SIM, ini sangat baik dalam melayani masyarakat dapat cepat, akurat dan efisien dan juga petugasnya ramah-ramah,” ungkap Ruhimat kepada Wartawan Subang.

“Saya juga bupati patuh aturan dan memiliki Sim C dan Sim A, dan mengikuti tahapan atau SOP nya tanpa mewakilkan atau perantara (Calo),” imbuhnya kembali.

Bupati pun menghimbau kepada Pengendara Kendaraan bermotor yang sering menggunakan kendaraan bermotor yang belum memiliki SIM, agar segera mengurus di Polres Subang, prosesnya mudah dan cepat.

Persyaratan yang harus di penuhi diantaranya foto copy KTP, Keterangan Kesehatan dari dokkes. Dan tahapan yang dilalui yaitu registrasi, identifikasi finger print , tandatangan, dokumentasi dan produksi. Kalau sudah memiliki SIM dan kelengkapan lainnya, saat menggunakan kendaraan akan tenang dan tidak merasa cemas‎ lagi. (sri)

Baca juga

Leave a Comment