fbpx

Rutin Minum Kopi Bisa Sehatkan Badan, Ini Caranya

Aril tengah meracik kopi yang siap dihidangkan di Kedai Rill Kopi.

PURWAKARTA-Tidak hanya sebatas gaya hidup atau pun minuman khas yang biasa dinikmati saat berkumpul dengan teman serta saat menikmati waktu luang selepas lelah beraktifitas, ternyata pada secangkir kopi terdapat kandungan yang sangat dibutuhkan tubuh hingga bermanfaat terhadap kesehatan tubuh.

Pemilik Kedai Kopi Riil Kopi, Hikmat Ibnu Aril, mengatakan, kopi merupakan salah satu minuman paling populer di dunia. Kopi murni yang dikonsumsi tanpa gula maupun susu, mengandung antioksidan tinggi dan beberapa nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, seperti riboflavin (vitamin B2), asam pantotenat (vitamin B5), mangan, kalium, natrium, magnesium, dan niacin (vitamin B3).

“Sejumlah studi menunjukkan bahwa orang yang rutin minum kopi 2-3 cangkir kopi sehari memiliki risiko lebih rendah mengalami penyakit serius, seperti diabetes tipe 2, kanker, penyakit jantung, penyakit Parkinson, dan gangguan hati,” Kata pria yang akrab disapa Aril tersebut, Sabtu (22/2/2020).

Namun, lanjut dia, kopi bukanlah satu-satunya hal yang memengaruhi risiko diabetes. Selain itu, dari kopi juga dapat mengurangi risiko depresi dan membantu menjaga kesehatan otak, sehingga mencegah demensia dan stroke.
Meski begitu, menambahkan terlalu banyak gula ke dalam kopi, justru dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit.

“Berdasarkan penelitian yang dilakukan, meminum setidaknya empat cangkir kopi berkafein menurunkan risiko terkena depresi sebanyak 20 persen. Untuk mendapatkan manfaat kopi yang satu ini, disarankan mengonsumsi produk kopi yang mengandung kafein tinggi atau tidak terlalu menambahkan gula” ungkapnya.

Sementara , kedai kopi milik Aril yang berlokasi di Gg Gurame, Kelurahan Nagri Kidul, Kecamataan Purwakarta itu, biasanya ramai dikunjungi selepas jam kerja atau sore hingga malam hari.

Kopi yang di hidangankan, berasal dari hasil racikan biji kopi asli yang berasal dari berbagai daerah penghasil kopi dan rasanya sudah mendunia seperti, kopi toraja, kopi arabika, kopi Aceh dan lainnya.

“Sebenarnya buka dari pagi hari, tapi ramainya sore hingga malam, selepas pulang kerja dan sekalian nongkrong melepas lelah” pungkas Aril. (wes/tif).

Baca juga

Leave a Comment