Putuskan Maju Jalur Independen di Pilkada 2020, Ini Pertimbangan Asep Agustian

Asep Agustian.

KARAWANG-Pantang menyerah, mungkin kata itu pas diatributkan ke sosok advokat flamboyan satu ini, Asep Agustian yang biasa disapa Asep Kuncir (Askun). Betapa tidak, meski alami kekalahan cukup telak di Pilkada Karawang 2015 (jadi cawabup jalur independen) dan nyalon DPR RI di Pemilu 2019, Askun malah memutuskan bakal maju di jalur independen pada Pilkada Karawang 2020.

“Saya sudah bulat akan menyalonkan sebagai calon K1 (calon bupati-red), bukan calon K2 (wakil bupati-red) di Pilkada Karawang 2020 melalui jalur independen,” kata Askun saat menyambangi kantor media online Prasastijabar.com, Selasa (27/8/2019) sore.

Menurut Askun, pertimbangannya maju melalui jalur independen, di antaranya ia tidak mau jadi kutu loncat dengan pindah partai hanya lantaran ingin nyalon bupati melalui jalur parpol.

Baca juga : Demokrat Karawang Kantongi 10 Nama Calon Wakil Cellica di Pilkada Karawang 2020, Ini Datanya

“Kendaraan politik saya waktu di Pileg adalah Partai Berkarya dan saya tidak mau pindah ke partai lain hanya gegara mau nyalon,” ucapnya.

Kemudian, lanjutnya, ia tidak mau terjebak pada politik transaksional karena bila melalui partai politik, maka akan ada mahar politik yang tidak sedikit nominalnya.

“Saya akui, saya ini bukan miliarder yang banyak uang yang bisa bayar mahar politik. Saya cuman orang biasa yang punya kemampuan dan keahlian. Apa yang saya miliki akan diberikan kepada rakyat, karena mesin saya itu mesin rakyat,” ulasnya.

Askun menilai, selama kepemimpinan Cellica-Jimmy empat terakhir ini tidak ada perubahan signifikan untuk kesejahteraan rakyat. Jargon-jargon dan visi misi mereka berdua yang terpampang di baliho-baliho tidak terealisasi.

“Kasihan rakyat cuman disuapi janji manis mereka,” sindirnya.

Baca juga : Pilkada Karawang 2020, Cepyan : Kader Golkar Siap Tantang Cellica

Hingga saat ini, Askun belum melirik siapa yang akan mendampinginya di Pilkada 2020. Ia menyerahkan persoalan itu kepada rekan-rekannya yang selama ini mendukungnya, siapapun wakil yang disodorkan timnya ia akan menerima.

“Selama wakil saya mau bekerjasama dan seiring seirama dengan saya, saya siap bersinergis,” imbuhnya.

Askun pun mengaku tidak gentar dengan dihadapkan beratnya syarat administrasi jalur independen yang ditetapkan KPU. Pasalnya, pengalaman di Pilkada 2015 dan Pileg 2019 sudah bisa membuatnya kompeten dalam hal pemenuhan syarat administrasi.

“Saya dan tim konsultan sudah siap bergerak dan insya Allah bulan September kami akan deklarasi,” pungkasnya. (red).

Baca juga

Leave a Comment