fbpx

Purwakarta Bentuk Posko Covid-19 di Setiap RW

Ekspose perkembangan penanganan Covid-19 di Purwakarta

PURWAKARTA-Sebagai upaya untuk melakukan deteksi dini penyebaran Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) di lingkungan masyarakat, Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Purwakarta akan mendirikan posko di tiap RW di seluruh Desa.

Kepala Satgas Covid-19 Kabupaten Purwakarta, Iyus Permana mengatakan, dengan adanya posko tersebut diharapkan penanganan virus yang sedang meresahkan masyatakat tersebut cepat terdeteksi, sehingga penyebarannya pun dapat secepatnya dicegah.

“Jadi secepatnya di tiap RW dari 183 Desa di Kabupaten Purwakarta harus ada posko, guna memonitor keberadaan ODP atau PDP. Kordinatornya langsung RW setempat dan dibantu Bidan Desa serta petugas posyandu setempat,” jelas Iyus, Selasa (24/3/2020).

Posko tersebut, ditambahkan Iyus, selain untuk mendeteksi warga Purwakarta yang berdomisili di Purwakarta, posko ini terutama ditujukan bagi warga Purwakarta yang baru pulang kampung dari daerah lain (dari zona merah Covid-19) atau luar negeri.

“Nanti di posko itu orang yang baru datang akan dicek suhu tubuhnya. Kalau ada gejala demam atau batuk, nanti akan dirujuk untuk diperiksa,” katanya.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) (abupaten Purwakarta, Jaya Pranolo mengatakan, biaya untuk membangun posko ini akan dialokasikan dari Dana Desa.

Dijelaskan Jaya, untuk menanggulangi wabah virus corona, pemerintah daerah sesuai arahan Presiden melalui Kementerian Desa (Kemendes) diberi kesempatan untuk mengalokasikan anggaran Dana Desa untuk menanggulangi bencana.

“Wabah virus corona ini sudah menjadi bencana nasional bahkan internasional, jadi kami memiliki kesempatan untuk mengalokasikan Dana Desa bagi penanggulangannya,” tuturnya.

Pihaknya akan segera menyampaikan rencana tersebut kepada aparat pemerintahan Desa hingga tingkat RW.

“Kami akan segera sampaikan dan untuk segera dibangun,” pungkasnya.(wes/zak)

Baca juga

Leave a Comment