Polres Karawang : Pelaku Pembacokan Ibu Kandung Positif Menderita Gangguan Jiwa

Pelaku pembacokan diamankan petugas dan warga.

KARAWANG-Polisi terpaksa hentikan kasus pembacokan anak terhadap ibu kandung di Rengasdengklok, Karawang’ yang terjadi Minggu (8/9/2019). Pelaku, dipastikan tidak dapat di proses secara hukum karena positif menderita gangguan jiwa.

“Hasil pemeriksaan kejiwaan yang dilakukan tim ahli sudah dilakukan terhadap tersangka. Hasilnya pelaku menderita gangguan jiwa,” kata Kapolres Karawang AKBP Nuredy Irwa syah, melalui Kasubbag Humas Polres Karawang, Iptu Yoga Prayoga, Senin (9/9/2019).

Yoga menjelaskan, sesuai dengan Pasal 44 KUHP ayat 1 dan ayat 2 yang isinya ‘Tiada dapat dipidana barangsiapa mengerjakan suatu perbuatan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kepadanya, sebab kurang sempurna akalnya atau sakit berubah akal’.

Kemudian, lanjutnya, Pasal 44 ayat (2) KUHP berbunyi ‘Jika nyata perbuatan itu tidak dapat dipertanggungjawabkan kepadanya sebab kurang sempurna akalnya atau sakit berubah akal, maka dapatlah hakim memerintahkan memasukkan dia ke rumah sakit jiwa selama-lamanya satu tahun untuk diperiksa’.

“Artinya, perkara pidana pelaku tidak dapat dilanjutkan,” jelasnya.

Baca juga : Polres Karawang Bongkar Bisnis Kosmetik Ilegal, Ada Kandungan Sangat Berbahaya

Sebelumnya, kasus pembacokan anak kandung terhadap ibu kandung terjadi di Dusun Krajan, Desa Makmurjaya, Kecamatan Jayakerta, Kabupaten Karawang, pada Minggu (8/9/2019). Pelaku, Hasan (30) diketahui merupakan anak kandung korban. Korban, merupakan ibu kandung pelaku, bernama Icem (65) yang tinggal satu rumah bersama pelaku.

“Kejadian sekitar pukul 15.00 WIB,” ungkapnya.

Menurut Yoga, peristiwa pembacoka terjadi begitu saja dilakukan pelaku. Padahal antara pelaku dan korban tidak pernah tersangkut permasalahan apapun.

“Penganiyaan terhadap korban dengan cara membacokkan sebilah golok kepada korban mengenai pipi kanan, bibir kanan dan kaki kanan yang mengakibatkan korban mengalami luka robek, lalu oleh kedua saksi pelaku diamankan dan korban langsung dibawa ke RS Proklamasi,” tuturnya.

Baca juga : Satlantas Polres Karawang Maksimalkan Pencegahan Kecelakaan di Jalur Rawan

Sementara, menurut keluarga korban bahwa pelaku mengalami gangguan jiwa yang sudah menahun. Pelaku sempat sementara diamankan di Polsek Rengasdengklok.

“Sudah dibawa dan diperiksa untuk di bawa ke RS jiwa dan hasilnya positif gangguan jiwa,” tutupnya. (dit/tif).

Baca juga

Leave a Comment