Polres Cianjur Dalami Kebocoran Klorin

Lokasi bocornya tabung klorin di bak penampungan sudah digaris polisi.

CIANJUR – Polres Cianjur, Jawa Barat dalami peristiwa terkait bocornya tabung klorin di bak penampungan air di Kampung Ciajag, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, yang mengakibtkan belasan warga mengalami keracunan.

Kapolres Cianjur AKBP Juang Andi Supriyanto mengatakan akan segera memanggil direksi Perumdam Cianjur, terkait bocornya tabung klorin di bak penampungan air milik perumdam Cianjur.

“Kami masih melakukan penyelidikan, dan akan segera meminta keterangan dari pihak Perumdam, dan kesaksian dari sejumlah warga, termasuk penyedia chlorin digunakan untuk menjernihkan air yang menjadi penyebab terjadinya keracunan,” kata dia, Rabu, (02/10/2019).

Menurutnya kejadian tersebut bersumber dari bocornya tabung klorin yang masih berisi gas, meskipun tabung tersebut sudah digunakan, tetapi masih tersimpan di lokasi bak penampungan air.

“Sejauh ini kami belum menemukan adanya unsur kelalaian dari pihak Perumdam dan rekanan tabung tersebut yang mengakibatkan sebnyak 17 warga mengalami keracuanan dan harus mengungsi untuk beberapa waktu, namun bila terbukti adanya unsur pidana kami akan segera memprosesnya,” katanya.

Juang mengungapkan untuk kondisi warga yang mengali keracuan sudah pulih dan sudah dapat pulang ke rumahnya masing-masing. Hingga saat ini juga warga belum mengelukah kondisi udara di sekitar lokasi kejadian.

Sementara itu, Direktur Utama Perumdam Tirta Mukti Kabupaten Cianjur, Budi Karyawan, mengatakan kebocoran tabung tersebut tanggung jawab pihak ketiga yaitu PT Chlorin Inti Jakarta sebagai rekanan yang memasok gas chlor.

“Kami hanya sebagai pengguna, sedangkan yang bertanggung jawab soal pasokan gas chlor serta tabungnya pihak rekanan dari PT Chlorin Inti Jakarta,” ucap dia.

Budi menambahkan, kebocoran terjadi pada tabung yang sudah tidak terpakai. Apalagi, kata Budi, bak penampungan untuk pasokan air ke Perumahan Bumi Mas sudah lama tidak menggunakan gas chlor, tapi pakai kaporit. (zie/naz)

Baca juga

Leave a Comment