TMMD Sasar Infrastruktur Desa

Wakil Bupati, H. Anning membuka TMMD

PURWAKARTA – Wakil Bupati Purwakarta H Aming secara resmi membuka program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 di lapangan Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta. Rabu, (2/9/2019).

Bersama jajaran Kodim 0619 Purwakarta dan Danrem 063 Sunan Gunung Jati (SGJ) Cirebon, program TMMD tersebut merupakan langkah strategis dan upaya konkret untuk lebih meningkatkan persatuan dan kesatuan dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur pedesaan di Kabupaten Purwakarta.

“Selain sasaran fisik, sasaran non fisik juga dilakukan dan TMMD ini harus kita sukseskan bersama karena sebagai salah satu cara dukungan mempercepat pembangunan Desa,” kata H. Aming usai secara resmi membuka kegiatan TMMD tersebut.

Menurut Aming, kegiatan TMMD di Kabupaten Purwakarta Tahun 2019 yang pada tahun ini dipusatkan di Desa Cisaat Kecamatan Campaka, merupakan sebuah program lintas sektoral dengan melibatkan unsur Pemerintahan Daerah dan masyarakat yang dimotori oleh Kodim 0619 Purwakarta.

“Kegiatan TMMD memiliki peran strategis dalam mendorong dan menggerakkan pembangunan di pedesaan, khususnya pembangunan dan peningkatan sarana prasarana infrastruktur yang ada di pedesaan,” ungkapnya.

Sementara itu, Danrem 063 Sunan Gunung Jati (SGJ), Kolonel Arm Maryudi mengatakan, TMMD sebagai implementasi dalam merekatkan kebersamaan antara TNI dan rakyat.

“TNI Manunggal Membangun Desa ini bertujuan untuk menyongsong kesejahteraan bagi kehidupan rakyat dan diharapkan juga bisa meningkatkan wawasan kebangsaan guna menjaga kedaulatan negara. Terus mempertahankan semangat kemanunggalan TNI dan rakyat dengan selalu hadir di tengah masyarakat untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi,” katanya.

Melalui TMMD ini, lanjut Maryudi, dapat meningkatkan semangat gotong royong yang merupakan nilai luhur Bangsa Indonesia sebagai upaya menjaga imunitas bangsa dalam menghadapi berbagai ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan terhadap keutuhan NKRI.

“Secara fisik melakukan sasaran infrastruktur pembangunan, rehabilitasi, pengerasan, pembuatan jalan, pengecoran jalan, rutilahu dan rehab jalan. Sedangkan sasaran nonfisik menggelorakan kembali semangat gotong royong yang sudah mulai luntur tergerus zaman,” pungkasnya. (wes/naz)

Baca juga

Leave a Comment