Polisi RW Jawa Barat Serentak Dibentuk, Polres Karawang Libatkan 657 Personel

KARAWANG– Wujudkan situasi  kamtibmas ditingkat lingkungan masyarakat terkecil,  Polres Karawang Launching Polisi RW Se – Kabupaten Karawang, di Lapangan Apel Mapolres Karawang.

Apel launching Polisi RW (Rukun Warga) seluruh jajaran Polres Polda Jabar  digelar secara virtual, yang terpusat di Gedung Sate, Bandung, Pada Senin (15/5/2023).

Apel terpusat di Bandung itu dihadiri oleh  Gubernur Jawa Barat Dr. H. Mochamad Ridwan Kamil dan Kabaharkam Polri Komjen Arief Sulistyanto.

Apel Polisi RW yang digelar Polres Karawang diikuti personil  Polres maupun Polsek jajaran serta perwakilan masing masing ketua RW Kab Karawang.

Polisi RW yang merupakan program Baharkam Polri sebagai wujud postur Polri yang prediktif dan merupakan bentuk integralitas semua fungsi harkamtibmas dalam mengemban tugas sebagai Pengemban Polmas di tingkat RW.

Tujuan dibentuknya Polisi Rw Ini Salah Satunya Yaitu Memberikan Perlindungan, Pengayoman Dan Pelayanan Kepada Masyarakat Dengan Upaya Pencegahan Dan Penanggulangan Tindak Pidana Di Masyarakat Dengan Menerapkan Prinsip Community Policing, Restorative Justice Dan Akuntabilitas.

Dalam Program Polisi RW ini, Polres Karawang melibatkan sebanyak 657 personel yang ditugaskan menjadi Polisi RW , kemudian disebar setiap wilayah Yang ada di kab Karawang.

Kapolres Karawang  AKBP Wirdhanto Hadicaksono, berharap, para anggota Polisi RW untuk tetap berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas dan masyarakat setempat secara konsisten.

“Menengarkan keluh kesah warga, lakukan pendekatan sedekat mungkin dengan komunikasi yang baik, sehingga terjalin kedekatan antara Polisi dengan Masyarakat,”tegasnya.

Menurut Kapolres, program ini sangat diperlukan, mengingat masyarakat juga perlu keamanan dan kenyamanan, lingkungan yang kondusif.

“Meningkatkan komunikasi yang intens dengan masyarakat, jika ada perubahan kondisi bisa langsung terdeteksi sehingga dapat langsung diketahui sedini mungkin dan menemukan solusi atau jalan keluar dari masalah yang dihadapi masyarakat,” imbuhnya.

Diharapkan melalui Program Polisi RW ini akan dapat memperkuat dan meningkatkan keamanan dan pelayanan Kepolisian ditengah masyarakat. (dit)

Baca juga

Leave a Comment