fbpx

Parpol Non Parlemen Optimis Pasangan Toha-Ade Jadi Kuda Hitam Pilkada Cianjur

Jubir Sekber Parpol Non Parlemen bersama pasangan Toha-Ade

CIANJUR-Juru Bicara Sekretariat Bersama (Sekber) Parpol Non Parlemen, Beni Rustandi mengaku optimis pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Cianjur yang diusung koalisi non parlemen bakal menjadi kuda hitam dalam Pilkada serentak 2020 mendatang.

“Bakal jadi kuda hitam, bahkan berpotensi memenangkan Pilkada dan mengalahkan paslon lain dari jalur parpol,” katanya, Kamis, (9/1/2020).

Menurut Beni, meski melalui jalur independen, paslon dari sekber non parlemen memiliki kekuatan besar. Mengingat parpol yang tergabung sudah berpengalaman dan mempunyai basis masa tersendiri.

Baca Juga: Partai Non Parlemen Dukung Toha-Ade di Pilkada Cianjur

Muhammad Toha yang merupakan bakal calon bupati dari sekber non parlemen jelas dia, merupakan tokoh di lingkungan forum diniyah takmiliyah.

“Penokohannya kuat, dari segi basis masa juga banyak. Karena kekuatannya kan dari parpol juga, hanya melalui jalur independent karena non parlemen,” ucapnya

Sementara itu, Pengamat Politik Cianjur, Irfan Muchdar, menyebutkan, paslon bupati dan wakil bupati jalur independent memiliki peluang untuk bisa lolos dan bersaing dalam Pilkada serentak 2020.

Namun akan diharapkan dalam persyaratan yang berat, mengingat jumlah dukungan sebanyak persyaratan utama cukup banyak. Meskipun Paslon tersebut diusung oleh koalisi non parlemen yang notabene ialah partai politik.

“Jadi mereka harus terlebih dulu membuktikan kekuatannya dengan lolos persyaratan. Karena dengan tidak adanya perwakilan mereka di Legislatif Daerah menjadi tandatanya seberapa besar kekuatan parpol tersebut,” paparnya

Ia mengatakan, apabila diukur dari parameter pasangan persoerangan dari non parlemen itu, belum bisa terleihat, seberapa kekeutan mereka, karena dalam Pileg 2019 mereka tidak dapa lolos ke DPRD Kabupaten Cianjur.

Dia menambahkan, akan ada banyak tantangan dari paslon non parpol atau jalur independent, sebab kuatan massa dari paslon parpol akan lebih besar. Meski hingga  saat ini belum muncul secara pasti siapa saja yang akan maju melalui jalur partai politik di Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Cianjur.(zie/zak)

Baca juga

Leave a Comment