Panselda SKD CPNS Purwakarta Sita Jimat Peserta

Salah satu barang yang diduga dijadikan jimat oleh peserta SKD CPNS Purwakarta

PURWAKARTA-Panitia seleksi daerah (Panselda) Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Kabupaten Purwakarta, sempat mengamankan sejumlah barang yang diduga jimat dari para peserta tes yang dilaksanakn di Convention Hall Telkom University, Kabupaten Bandung, pada Kamis (6/1/2020) lalu. Barang tersebut berbentuk pensik yang dililit pita dan dipasangi bulu ayam.

Kabid Pemberdayaan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Purwakrta, Hermawan, mengatkan, barang yang diamankan Panselda antara lain seperti, pensil, sabuk, bros dan barang lainnya yang memang tidak diperbolehkan dibawa masuk ke lokasi tes. Selain demi kelancaran tes, sejumah barang yang dibutuhkan saat itu sejatinya sudah disediakan panitia.

“Demi kelancaran pelaksanaan tes, para peserta hanya dibolehkan membawa KTP dan kartu peserta tes saja, karena fasilitas lain seperti pensil hingga minum sudah disediakan oleh panitia,” kata Hermawan saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (12/2/2020).



Sementara, diantara barang-barang yang berhasil diamankan, Panselda menemukan salah satu barang yang menarik perhatian yaitu berupa pensil yang dibalut dengan pita dan terdapat bulu ayam pada pucuk pensil tersebut.

Diduga pensil ini adalah jimat yang hendak diguanakan salah satu peserta demi mendapat nilai yang memuaskan.

“Tapi kami berpikir positif saja, mungkin peserta atau pemilik pensil berbentuk unik ini pecinta seni,” imbuhnya.

Meski demikian, dari sekian banyaknya barang yang berhasil disita panitia, barang- barang tersebut bisa diambil kembali pemiliknya dengan datang ke kantor BKPSDM Kab Purwakarta.

“Sudah kita umumkan juga di akun media sosial facebook pribadi BKPSDM Purwakarta, dan sudah ada sebagian yang mengambil barangnya,” ungkapnya.

Padahal, lanjutnya, saat pelaksanaan tes dilaksanakan, pihak panselda mengimbau para peserta untuk menitipkan barang bawaan mereka di tempat penitipan barang yang sudah disediakan dan dijamin keamanannya.

“Kami juga melakukan scaning ke setiap peserta tes dengan menggunakan body protector agar pelaksaan benar-benar steril,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 4.694 orang akan bersaing untuk memperebutkan 169 formasi CPNS di Kabupaten Purwakarta. Sejak subuh sudah banyak para peserta sudah berdatangan untuk mengikuti  Seleksi Kompetisi Dasar (SKD) di Convention Hall Telkom University.(wes/zak)

Baca juga

Leave a Comment