Miris, Ribuan Warga Nagrak Cianjur Belum Nikmati Listrik

Warga menggunakan lilin untuk menerangi gelapnya malam.

CIANJUR– Sebanyak 1.032 jiwa penduduk di Kampung Nagrak, Desa Wangunsari, Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur, hampir selama puluhan tahun belum teraliri listrik.

Dalam melakukan penerangan pada malam hari, warga di sekitar kampung tersebut mengunakan turbin yang memanfaatkan tenaga aliran sungai di sekitar kampung itu. Turbin dibangun secara swadaya oleh masyarakat.

Namun, saat ini turbin tersebut tidak berjalan hampir selama lima bulan terkahir, karena aliran sungai yang dimanfaatkan untuk menjalankan turbin itu mengalami kekeringan akibat dampak musim kemarau.

Kepala Desa Wangunsari, Sapaat Suanda mengatakan sudah hampir selama lima bulan terkahir, turbin yang dimanfaatkan oleh warga tersebut tidak berjalan, karena aliran sungai tersebut mengalami kekeringan.

“Akibtanya dalam melakukan akitivitas seharinya terganggu, terutama pada saat malam hari,” kata dia saat dihubungi melalui telepon selular, Selasa, (8/10/2019).

Selain itu, kata dia, sejumlah petani gula dan beberapa pengrajin Pengerajin Sapu Tamiang Sangkir dan Ruji/ jeruji sangkar burung terkendala dalam memproduksi kerajiannnya.

“Semenjak turbin tersebut tidak dapat digunakan kembali, produksi kerajinan di kampung nagrak mengalami penurunan, bahkan ada beberapa pengrajin lebih memilih untuk tidak memproduksi hingga turbin dapat kembali berjalan,” ucap dia

Pihaknya menambahkan telah beberapa kali melakukan pengajuan ke PLN, untuk segera memasang listrik ke kampung tersebut. namun hingga kini, belum ada jawaban dari pihak terkait. (zie/naz)

Baca juga

Leave a Comment