Mau Lebih Semangat di Hari Senin? Ini Tipsnya

Bagi yang masih menganggap hari Senin merupakan hari yang terasa sangat berat untuk beraktifitas, mungkin hal tersebut dikarenakan sebelumnya kita sudah melakukan liburan bersama keluarga, atau mungkin juga hanya sekedar bermalas-malasan dirumah. Jadi saat kembali menjalani aktifitas, kita akan merasa lebih berat.

Nah, bagi yang masih merasa berat melakukan aktifitas di hari Senin, kali ini ada tips yang bisa lakukan agar hari Senin kita bisa lebih bersemangat.

1. Tidur Lebih Awal

Hal pertama yang bisa kita lakukan agar hari Senin bisa terasa lebih semangat, kita bisa mencoba untuk tidur lebih awal. Hal ini akan membuat stamina kita dihari Senin menjadi lebih baik. Tidur lebih awal juga akan membuat kita bisa terbangun lebih pagi di esok hari.

Bangun lebih awal memiliki banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan. Satu diantaranya akan membuat tubuh kita menjadi lebih segar dan bugar. Tentu hal tersebut bisa membuat mood kita saat memulai hari Senin ini bisa menjadi lebih baik lagi. Baca: 5 Alasan kenapa kita harus bangun pagi



2. Putar Playlist Lagu Favorit

Bagi yang suka mendengarkan musik, tidak salahnya mencoba untuk mulai menyiapkan playlist lagu-lagu favorit yang nantinya bisa kita putar saat pertama kali bangun tidur, sampai saat menemani waktu kerja.

Lagu yang kita putar tentunya lagu yang bergenre ceria. Seperti hip hop, reggae, rap, atau mungkin bagi yang suka musik keras, bisa menyiapkan lagu yang bergenre death metal.

3. Jangan Mandi Air Hangat

Bagi yang terbiasa mandi menggunakan air hangat dipagi hari, bisa merubah kebiasaan tersebut dengan memulai mandi air dingin.

Mungkin hanya membayangkannya saja kita sudah merasa menggigil, tapi bagi yang terbiasa bangun lebih pagi, pasti akan lebih merasakan kesegaraan saat mandi air dingin.

Segarnya air dingin yang kita gunakan untuk mandi tersebut akan turut membantu tubuh kita menjadi lebih segar dan membuat kita akan lebih semangat lagi.

4. Jangan Tinggalkan Sarapan Pagi

Sarapan termasuk salah satu faktor penting yang bisa membuat kita lebih semangat menjalani hari Senin. Sebelum mulai aktifitas, usahakan untuk sarapan terlebih dahulu.

Jangan biarkan perut kita lapar lebih cepat karena belum sarapan. Lapar bisa membuat semangat kita akan menurut dan membuat mood kita juga akan tidak baik.

5. Kuatkan Motivasi

Bagi yang menganggap hari Senin merupakan hari yang sangat memberatkan, bisa lebih meguatkan kembali motivasinya dalam bekerja. Kuatkan kembali tekad kita untuk mencapai cita-cita yang kita harapkan.

Kita bisa mencoba menulis beberapa capaian-capaian yang sebelumnya pernah kita inginkan di beberapa tempat strategis seperti pintu kamar, cermin, meja kantor dan tempat-tempat lain yang mudah terlihat.

Biar lebih menarik, bisa juga kita tambahkan beberapa capaian kita dengan kalimat-kalimat motivasi. Dengan begitu, kita punya alasan untuk terus semangat dalam menjalankan aktifitas sehari-harinya. Bukan hanya dihari Senin, tapi juga di hari-hari berikutnya.

6. Berangkat Kerja Lebih Pagi

Bagi yang bekerja di kota besar, kemacetan merupakan masalah paling utama yang sering dihadapi. Tentu hal ini akan mengganggu semangat kita.

Salah satu keuntungan berangkat kerja lebih pagi, kita tidak akan merasa khawatir terlambat datang ke tempat kerja, walaupun kita terjebak kemacetan.

Juga bagi pengguna kendaraan umum, kita tidak akan terlalu berdesak-desakan dengan penumpang lain.

7. Hilangkan Pikiran Negatif

Hal inipun tidak kalah penting, agar kita bisa lebih semangat memulai aktifitas, kita harus bisa belajar untuk menghilangkan pikiran negatif. Termasuk menghilangkan anggapan bahwa hari Senin merupakan hari yang berat kita jalani.

Kita harus bisa berpikir bahwa bisa saja di hari Senin ini kita justru akan mendapatkan hal-hal yang baik. Entah itu akan dipromosikan naik jabatan, atau mungkin kenaikan gaji karena kepribadian kita dalam bekerja itu dianggap lebih baik dibandingkan karyawan yang lainnya.

Pikiran akan sangat mempengaaruhi apapun terhadap diri kita, semakin sering kita berpikir negatif, maka akan berdampak tidak baik terhadap diri kita. Sebaliknya jika kita sering berpikir positif, justru akan membuat diri kita menjadi lebih baik.

Semoga beberapa hal diatas bisa membantu kita menjadi lebih semangat dalam memulai aktifitas.


Baca juga

Leave a Comment