Kapolda Jabar dan Pangdam III Siliwangi Tinjau Langsung Perkembangan Arus Mudik dan PSBB

Kapolda Jabar Irjen Rudi Sufahriadi bersama Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto saat mengunjungi Pos Terpadu Cikopo

PURWAKARTA-Kapolda Jabar Irjen Rudi Sufahriadi didampingi Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto tinjau langsung perkembangan arus mudik serta pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jawa Barat.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolda melihat jika arus mudik dan PSBB di Jawa Barat berjalan lancar bahkan sejauh ini sudah puluhan ribu kendaraan yang masuk atau melintas di wilayah Jawa Barat dipaksa diputar balikan dan kembali ke asal nya.

“Soal arus mudik alhamdulilah semua berjalan lancar dari mulai Jakarta hingga ujung Cirebon juga lancar. Bahakn banyak kendaraan yang diputarbalikan, dan PSBB semuanya berjalan lancar dan kondusif,” kata Kapolda saat mengunjungi Pos terpadu Cikopo, Purwakarta, Sabtu (23/5/2020).

Dalam kesempatan itu, Kapolda mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tidak melakukan mudik dan tidak berlebihan dalam menyambut malam lebaran idul fitri 1441 H tahun ini.

“Sesuai dengan arahan dari bapak Presiden, masyarakat tidak usah mudik, kedua kita selalu jaga jarak dan tetap protokol kesehatan diutamaka agar penyebaran Covid 19 dapat segera dihentikan,” ujarnya.

Dalam penanganan Covid-19, ditambahkan Kapolda, sebelumnya sudah di imbau untuk menghindari segala bentuk kerumunan massa termasuk untuk tidak melakukan takbir keliling.

“Yang wajib saja seperti shalat jumat berjamaah, shalat ied berjamaah kita imbau untuk tidak dilakukan apalagi yang hukumnya sunah, untuk itu kita imbau nanti malam tidak ada masyarakat yang melakukan takbir keliling, untuk menghindari bergerombolnya atau kerumunan massa,” tegasnya.

Terkait arus mudik dan balik lebaran, Polda Jabar dan Polda Jateng sejauh ini sudah berkoordinasi dan membuat sejumlah langkah- langkah untuk mengantisipasi nya.

Diketahui, hingga hari ini sudah puluhan kendaraan roda dua dan empat diputarbalikan.

“Sejauh ini sudah 72 ribu lebih kendaraan yang diputarbalikan, dan terkait persiapan arus mudik/balik tadi kami sudah koordinasi di Losari dan sebelumnya Polda Jateng dan Kodam Dipenogoro terkait arus mudik meminta Polres Cirebon untuk menahan kendaraan jangan sampai masuk ke Jawa Tengah, begitu sebaliknya kami meminta untuk arus balik Polres Brebes menahan kendaraan yang akan masuk ke Jawa Barat,” terangnya.

Dikesempatan yang sama, Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto menambahkan, sejauh ini pelaksanaan arus mudik dan PSBB sudah berjalan dengan baik sesuai arahan dari pemerintah pusat.

Pangdam berharap, semua masyarakat dapat mematuhi segala imbuan- imbauan pemerintah tersebut.

“Kita sebagai warga diharapkan dan wajib mematuhi segala imbauan pemerintah baik pusat dan daerah dan semoga semuanya berjalan dengan lancar,” pungkasnya.(wes/zak)

Baca juga

Leave a Comment