Investasi Saham Memang Menggiurkan. Tapi, Perhatikan 4 Hal Mendasar Ini Sebelum Memulai!

Bagi sebagian orang, kata Investasi mungkin tidak menjadi suatu hal yang menarik, terutama Investasi Saham. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pemahaman terhadap manfaat investasi untuk keuangan di masa depan.

Bahkan masih banyak yang mengira bahwa ketika seseorang terjuan ke dalam dunia investasi, maka harus memiliki banyak uang. Nyatanya, untuk memulai menggeluti dunia investasi, kita bisa memulainya dengan jumlah rupiah yang relatif kecil.

Pada prakteknya, investasi saham hanya berbicara tentang membeli, menunggu harga naik, kemudian menjual saham yang kita miliki disaat harga saham mulai naik. Namun sebenarnya tidak semudah itu, banyak faktor yang harus dijadikan patokan sebelum kita membeli atau menjual saham.

Berikut dibawah ini beberapa hal mendasar yang harus kita lakukan terlebih dahulu:

1. Investasikan Waktu Untuk Belajar

Sebelum benar-benar ingin menggunakan uang anda untuk investasi saham, alangkah baiknya kita menginvestasikan waktu terlebih dahulu untuk mempelajari dan memahami dasar-dasar investasi.

Mulai dari istilah-istilah yang sering digunakan dalam investasi saham, hingga mempelajari cara melakukan analisa fluktuasi harga saham, atau kenaikan dan penurunan harga saham.

Beberapa orang mengalami kerugian dikarenakan tidak mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menjual ataupun membeli saham. Selain itu, kerugian yang terjadi biasanya diakibatkan oleh kurang nya pengetahuan atas saham apa yang akan dibeli.

Untuk mempelajari hal-hal yang mendasar seperti ini, bisa kita lakukan dengan cara rajin-rajin mencari informasi di internet, ataupun ikut serta berdiskusi di komunitas-komunitas yang khusus membahas tentang Investasi Saham.

Selain itu kita juga bisa membeli buku yang membahas tentang investasi saham seperti Ellen May, Ryan Filber Wijaya, Raymond Budiman, dan sebagainya. Atau jika kita tidak mau keluar dana, kita bisa mencari informasi di youtube yang saat ini sudah banyak yang membahas tentang dasar-dasar investasi.

2. Mulailah Investasi dengan Jumlah Kecil

Sebagai seorang pemula, tidak disarankan untuk berinvestasi dengan nilai yang besar. Semakin besar jumlah yang kita investasikan, maka potensi kerugianpun akan lebih besar pula.

Bahkan saat ini, ada beberapa perusahaan securitas yang memperbolehkan investasi dengan jumlah yang relatif lebih kecil, yakni sekitar Rp.100.000. Namun biasanya, fee per transaksinya pun lebih tinggi jika dibandingkan dengan investasi yang nilainya lebih besar. Fee tersebut hanya dikenakan saat kita melakukan transaksi jual atau beli.

3. Amati Situasi Ekonomi dan Politik

Jika sebelumnya kita tidak memiliki ketertarikan mengikuti informasi-informasi ekonomi dan politik, saat ini mau tidak mau kita harus mulai untuk bisa mengamati kondisi situasi dan Politik di Negara tempat perusahaan yang kita jadikan tempat investasi.

Dalam investasi saham ini, bisa diartikan bahwa kita juga memiliki perusahaan tersebut. Artinya, perusahaan kita hidup dalam dunia nyata yang rentan terhadap perubahaan kondisi ekonomi ataupun politik. Tentunya hal tersebut akan mempengaruhi harga saham kita.

4. Pahami Informasi Perusahaan atau Industrinya

Hal ini juga menjadi salah satu hal yang penting sebelum kita memulai investasi. Kita harus tau informasi terkait perusahaan yang akan kita jadikan sebagai tempat investasi.

Mulai dari memahami kondisi perusahaannya, apakah sedang naik atau justru sedang mengalami penurunan, lebih bagus lagi sampai memahami tentang produk-produk dari bisnisnya perusahaan tersebut. Apakah berpotensi akan berkembang, atau justru akan ditinggalkan oleh pasar.

Walaupun kita masih investasi dengan jumlah yang kecil, kita juga tetap harus belajar melakukan analisa dan menentukan keputusan yang lebih baik dalam melakukan investasi.

Sumber: bisnis.com

Baca juga

Leave a Comment