Ragam Inovasi Polres Karawang Ciptakan Situasi Kamtibmas

KARAWANG – Berbagai cara menciptakan situasi keamanan ketertiban dan keamanan masyarakat, dilakukan oleh Polres Karawang.

Berganti Kepemimpinan Kepala Kepolisian Resor ( Kapolres), acap kali muncul inovasi program unggulan cipta kondisi Kamtibmas.

Masa sekarang, dibawah kepemimpinan Kapolres AKBP Aldi Subartono, Polres Karawang berupaya melakukan inovasi program cipta kondisi Kamtibmas.

Terhitung, terdapat empat program menonjol yang terbilang menjadi andalan Polres Karawang dalam menekan gangguan Kamtibmas di wilayah hukum Karawang.

Karawang Tangguh

Aplikasi berbasis android, Karawang Tangguh berupa aplikasi laporan kejadian gangguan kamtibmas yang diakses via ponsel oleh masyarakat.

Masyarakat cukup mendownload dan membuka aplikasi serta melaporkan kejadian secara lengkap di kolom aplikasi yang disediakan.

Namun, sejauh ini akses aplikasi tersebut terbilang belum dapat diakses berbagai kalangan masyarakat secara merata, terutama di wilayah pinggiran karawang. Dengan alasan berbagai keterbatasan di kalangan masyarakar itu sendiri.

Layanan ini dianggap beberapa kalangan masyarakat, cocok untuk lapisan intelektual dan kaum milennial.

Lapor Kapolres

Program yang digagas AKBP Aldi Subartono ini, berupa program cipta kondisi, yang secara umum kerap dilakukan berbagai daerah di lingkungan Kepolisian Resor namun dengan kemasan berbeda tapi dengan tujuan sama yakni menciptakan kamtibmas.

Program ini berupa layanan hotline nomor ponsel maupun jejaring media sosial, yang membuka akses masyarakat agar dapat berinteraksi langsung melaporkan setiap gangguan kamtibmas kepada Kapolres Karawang. Tujuanya, laporan masyarakat dapat direspon cepat oleh aparat kepolisian, sehingga tumbuh legitimasi masyarakat terhadap Polri.

Podcast

Di era digital saat ini, tak ingin ketinggalan, Polres Karawang berupaya memberikan informasi dan menjawab tantangan masyarakat terkait cipta Kondisi Kamtibmas secara interaktif dan inovatif.

Maka, untuk menjawab harapan masyarakat, seiring perkembangan teknologi informasi, AKBP Aldi Subartono menggelar Podcast atau talkshow interaktif secara live streaming sepekan sekali setiap Rabu malam.

Tanpa harus tatap muka secara langsung, masyarakat bisa mengenal dan menyerap informasi kamtibmas langsung dengan Kapolres Karawang.

Surat Cinta

Selain perkembangan teknologi, Polres Karawang pun mencoba menyentuh masyarakat dengan pola yang bisa dibilang nostalgia.

Surat cinta Kapolres merupakan surat yang langsung ditandatangi Kapolres AKBP Aldi Subartono. Surat berisi pesan kamtibmas yang bertujuan menciptakan rasa aman dan nyaman masyarakat dengan keberadaan Polri di lingkungannya.

Pemberian 10 pucuk surat dilakukan oleh petugas piket Patroli Polisi di setiap Polres maupun Polsek mulai pukul 00.00 WIB. Pemberian surat dilakukan sekaligus memonitor kamtibmas lingkungan binaan, dari ancaman kejahatan curas, curat , curanmor.

“Agar masyarakat mengetahui bahwa setiap malam hingga menjelang subuh, Polisi “ada” dan pernah datang berpatroli di sekitar lingkungan rumahnya untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” ucap AKBP Aldi.(ans)

 

Baca juga

Leave a Comment