Ikuti Lomba Adiwiyata Tingkat Nasional, SDN Karwet 1 Tampilannya Makin Ciamik

Tampilan Gedung SDN Karawang Wetan makin ciamik.

KARAWANG-Ada pemandangan menarik ketika mulai memasuki halaman gedung SDN Karawang Wetan 1 Karawang Timur. Tampak tampilan gedung-gedung kelasnya kini makin ciamik karena telah dicat baru dengan warna yang sedap dipandang.

Ternyata, tampilan ciamik warna baru gedung sekolah tersebut sebagai bentuk keseriusan SDN Karawang Wetan 1 dalam rangka mengikuti lomba Adiwiyata tingkat nasional pada Juni 2021 mendatang.

“Dalam rangka menuju Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional Tahun 2021, kami melakukan pengecatan lingkungan sekolah. Pembiayaan berasal dari sebagaian partisipasi orang tua murid dan pihak lain yang peduli terhadap sekolah,” kata Kepala SDN Karawang Wetan 1, Yeni Mulyadi, S.Pd., kepada Prasasti Jabar, Senin (28/12/2020).



“Partisipasi orang tua murid tidak diwajibkan, tapi sifatnya suka rela bagi yang peduli sekolah,” timpalnya menegaskan.

Warna cat yang dipilihnya pun sesuai dengan tema sekolah Adiwiyata, yakni identik dengan penghijauan. Hal itu dilakukan agar sekolah terlihat sejuk, asri dan nyaman untuk digunakan dalam aktivitas kegiatan belajar mengajar.

Gedung SDN Karawang Wetan 1 makin indah.

“Kami ucapkan terima kasih kepada para guru, orang tua, komite sekolah dan korwilcambidik Karawang Timur yang selalu merespon dan mensupport program sekolah,” ujarnya.

Yeni menambahkan, untuk dapat mengikuti lomba Adiwiyata tingkat nasional tidak mudah, karena sebelumnya harus mendapatkan penghargaan sekolah Adiwiyata tingkat kabupaten dan provinsi.

“Alhamdulillah kami mendapatkan penghargaan Adiwiyata tingkat kabupaten pada tahun 2019 dan tingkat provinsi pada tahun 2020,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Ketentuan tentang Sekolah Adiwiyata tertera dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 5 Tahun 2013 tentang pedoman pelaksanaan Program Adiwiyata.

Gelar ‘Sekolah Adiwiyata’ diberikan pada sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Program Adiwiyata sendiri merupakan sebuah program dengan tujuan untuk mewujudkan sekolah yang demikian. Program ini dilaksanakan dengan berdasarkan pada tiga prinsip utama, yaitu edukatif, partisipatif, dan berkelanjutan.

Sekolah Adiwiyata juga merupakan gelar bagi sekolah yang dianggap sudah baik dan ideal sebagai tempat untuk mendapatkan ilmu pengetahuan serta norma dan etika bagi siswa-siswinya sehingga dapat menjadi dasar bagi terciptanya kesejahteraan. (red).

 

Baca juga

Leave a Comment