fbpx

DPRD Karawang Sedang Godok Dewan Pakar

Ketua DPRD Kabupaten Karawang, Pendi Anwar. (Foto : Latif/Praja).

KARAWANG-DPRD Kabupaten Karawang sedang mengkaji dan menggodok kebutuhan tenaga ahli atau dewan pakar. Keberadaan dewan pakar sesuai amanah Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota.

Hal itu dikatakan Ketua DPRD Kabupaten Karawang, Pendi Anwar, Senin (24/2/2020) siang. Menurutnya, tahun ini DPRD Kabupaten Karawang masih menggodok dewan pakar, di antaranya terkait berapa jumlahnya, ‘fit and proper test’-nya, juga bidang keahlian mereka untuk membantu kinerja anggota DPRD, ini masih didiskusikan dengan pimpinan fraksi.

Baca juga : Soal Dugaan Intimidasi, Komisi IV DPRD Karawang Dukung Langkah Jurnalis Buka LP

“Keahlian mereka harus jelas, dengan adanya pewan pakar ini diharap memberi input terhadap kinerja DPRD,” kata Pendi.

Politikus Demokrat ini menjelaskan, dewan pakar ini harus mampu menjawab ketika dimintai pendapat dan masukan terhadap masalah krusial di DPRD, makanya mereka harus terbentuk sebagai tim ahli diberbagai bidang masing-masing, di antaranya harus memberi masukan soal hukum dan anggaran DPRD, juga hal lain yang berkaitan dengan kinerja DPRD.

“Mudah-mudahan pembahasan dewan pakar rampung dimatangkan tahun ini dan bisa dilaksanakan tahun depan, sebab pembentukan ini tak lepas dari anggaran kita,” tutupnya. (red).

Baca juga

Leave a Comment