Diskoperindag Cianjur Bakal Sidak Sejumlah Pasar

Kantor Diskoperindag Cianjur

CIANJUR – Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian (diskoperindag) Kabupaten Cianjur, akan segera sidak dan melakukan uji sampling kesejumlah pasar tradisional di wilayahnya.

Hal itu dilakukan untuk mencegah peredaran mie dan bahan makanan olahan yang diduga mengandung formalin atau bahan berbahaya lainnya.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Satgas Pangan terkait rencana sidak pemeriksaan langsung ke pasar tradisional di Cianjur,” kata Kabid Pedagangan Dikoperdag Cianjur, Yana Kamaludin, Kamis, (18/09/2019)

Ia menjelaskan seperti yang diberitakan pada sebelumnya terkait temuan mie berformalin, pihaknya akan langsung turun kepalangan untuk sidak dan uji sampling kesejumlah pasar.

“Peredaran makanan yang mengandung bahan berbahaya tentunya dapat mengancam kesehatan masyarakat, sehingga peredarannya harus dicegah sedini mungkin,” ucap dia

Dirinya menegaskan pemerintah juga akan melakukan upaya lain dalam mencegah peredaran makanan dengan bahan berbahaya, yakni dengan mengawasi mulai dari produsennya.

“Kami akan awasi setiap pelaku industri kecil menengah, agar para produsen tidak memproduksi olahan makanan yang menggunakan formalin atau bahan berbahaya lainnya,” kata dia.

Dia menambahkan dalam pengawasan tersebut, nanti pihaknya akan melibatkan pemerintah desa untuk mendata setiap IKM di wilayahnya.

“Selain itu juga pemkab akan menyurati setiap desa di Cianjur untuk melakukan pendataan dan pengawannya. Nantinya data tersebut akan menjadi dasar untuk pengawasan sekaligus pembinaan kepada para pengusaha makanan diwilayahnya masing-masing,” tandasnya. (zie/naz)

Baca juga

Leave a Comment