Angka Kunjungan Sentra Keramik Plered Selama 2019 Capai 11 Ribu Orang

Sejumlah pelajar nampak sedang belajar membuat keramik di Sentra Keramik Plered

PURWAKARTA-Angka kunjungan ke Sentra Keramik Plered pada 2019 mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Tercatat, selama satu tahun mencapai 11.307 pengunjung yang datang. Angka tersebut terbilang lebih banyak dari pada tahun 2018 yang mencapai 8.000 pengunjung.

Kepala UPTD Sentra Keramik POlered, Mumun Maemunah mengatakan, mayoritas pengunjung baik pada 2018 mamupun 2019 merupakan pelajar dari luar kota.

“Di tahun 2020 ini kita akan upayakan berkoordinasi dengan Disdik dan pihak terkait untuk bersama-sama meningkatkan lagi minat pelajar di Kabupaten Purwakarta agar berkunjung ke Sentra keramik Plered,” ujarnya, Kamis (2/1/2020).

Untuk menumbuhkan minat kunjungan dari wisatawan lokal dan pelajar di Kabupaten Purwakarta,  lanjut Mumun, semua pihak harus bekerjasama dalam mempertahankan eksintensi Keramik Plered sebagai icon kerajinan asli masyarakat Purwakarta.

Mumun berharap, ke depan jumlah pengunjung Sentra Keramik Plered lebih didominasi oleh masyarakat maupun pelajar di Purwakarta.

“Keramik Plered ini bagian dari kekayaan Masyarakat Purwakarta yang harus dipertahankan. Makanya itu jangan sampai kita mengabaikan sementara wisatawan dan pelajar dari luar lebih eksis datang ke Plred. Semoga saja nanti diantara pelajar ada beberapa diantaranya yang terlahir sebagai regenerasi pengrajin sekaligus pengembang ilmu Keramik Plered,” pungkasnya.(wes/zak)

Baca juga

Leave a Comment