Ajang: Pemkab Harus Pastikan Kenaikan UMK Dinikmati Masyarakat Karawang

Ajang Supandi

KARAWANG – Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Karawang, Ajang Supandi bersyukur jika Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) Karawang kembali meningkat hingga menjadi yang terbesar di Indonesia. Sebab hal ini tentunya bisa menjadi salah satu jalan untuk meningkatkan kesejahteraan buruh.

“Saya turut senang jika UMK naik lagi, karena ini tentunya untuk kesejahtraan buruh di Karawang,” ujar dia kepada Prasasti Jabar, Rabu (20/11/2019).

Baca Juga: Lagi, UMK Karawang Tertinggi di Indonesia

Disamping itu, lanjut pucuk pimpinan Partai Gerindra Karawang ini, tentunya pemerintah kabupaten (pemkab) juga harus mempertimbangkan dampak dari kenaikan UMK tersebut. Jangan sampai hal itu menimbulkan dampak negatif bagi investasi yang sudah ada di Kota Pangkal Perjuangan.

“Setelah UMK kembalik naik, pemkab juga harus memikirkam keberlangsungan kerja masyarakat Karawang. Saya tidak mau tahun 2020 ada investor yang menarik investasinya dari Karawang, apalagi ada buruh yang di PHK dengan alasan kenaikan UMK. Ini juga salah satu tugas pemkab,” tegas dia.

Masih dikatakan dia, mewujudkan masyarakat Karawang mendapatkan pekerjaan di dunia industri juga tentunya harus terus dilakukan. Sebab, hal itu yang akan menjadikan masyarakat mampu menikmati kenaikan UMK yang terjadi.

“Percuma UMK naik kalau masyarakat kita menganggur. Pastikan juga masyarakat Karawang bisa mendapatkan pekerjaan di dunia industri, supaya kenaikan UMK yang mencapai Rp. 4,59 juta pada 2020 nanti juga dinikmati oleh orang-orang pribumi,” pungkasnya.(zak)

Baca juga

Leave a Comment