7 Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Kesehatan

Puasa Senin Kamis merupakan puasa sunnah yang dianjurkan dalam Islam. Selain dicontohkan oleh Rasulullah SAW, puasa Senin Kamis juga ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Bahkan beerapa diantaranya dapat menurunkan risiko kanker.

Berikut kami rangkum beberapa manfaat puasa Senin Kamis bagi kesehatan :

1. Menurunkan Berat Badan

Bagi yang sedang menjalani program diet, puasa Senin Kamis dapat membantu anda untuk mensukseskan program diet yang sedang dijalankan.

Puasa dapat membantu menurunkan kadar hormon insulia, hormon pertumbuhan dan hormon norepinefrin, yang dapat merangsang pembakaran lemak di dalam tubuh manusia.

Pembakaran lemak tersebut yang mempengaruhi proses penurunan berat bedan. Selain itu, puasa dalam waktu singkat juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh sekitar 3,6 – 14 persen. Artinya bahwa puasa benar-benar dapat membantu program diet anda agar dapat berjalan dengan baik.

2. Menurunkan Risiko Kanker

Walaupun masih perlu penelitian lebih lanjut, puasa diduga dapat menurunkan risiko kanker. Bahkan juga dapat menurunkan berbagai macam efek samping kemoterapi bagi penderita kanker.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Ada beberapa manfaat puasa yang bermanfaat bagi otak manusia. Diantara adalah, meningkatkan pertumbuhan sel saraf baru, meningkatkan hormon otak yang bernama brain-deriver neurotrophic factor (BDNF). Hal tersebut tentu akan membuat fungsi otak pada manusia menjadi lebih optimal.

Selain itu, puasa yang dilakukan berselang seperti puasa Senin Kamis juga dapat melindungi otak manusia dari penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Alzheimer merupakan penyakit penurunan fungsi otak yang mengakibatkan penderitanya kehilangan memori jangka pendek. Penyakit ini lebih dikenal dengan sebutan pikun.

Sedangkan Parkinson merupakan penyakit menyerang saraf pada otak yang mengakibatkan penderitanya berpotensi mengalami kelumpuhan pada bagian tubuh.

4. Melindungi Organ Jantung

Puasa yang dilakukan secera berselang juga dapat membantu menurunkan resiko terserang beberapa penyakit penyebab gangguan pada jantung seperti tekanan darah, kadar kolesterol jahat, trigliserida dan gula darah.

Jika faktor-faktor risiko tersebut diatas bida diatasi, maka pembuluh darah akan menjadi lebih sehat.

5. Menurunkan Risiko Diabetes

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat tahun 2014, puasa yang dilakukan secara berselang terbukti dapat menurunkan kadar gula darah hingga 3 sampai 6 persen.

Jenis puasa berselang juga dapat menurunkan jumlah insulin hingga 30 persen. Sehingga yang rutin menjalankan puasa Senin Kamis, dapat lebih terhindar dari risiko penyakit diabetes.

6. Menekan Proses Peradangan

Manfaat lain dari puasa Senin Kamis juga dapat membantu menurunkan intensitas proses peradangan di dalam tubuh. Hal ini tentunya dapat membantu tubuh dalam mencegah berbagai macam penyakit.

Penyakit akibat peradangan yang dapat dibantu dengan menjalankan puasa Senin Kamis ini adalah radang sendi, asma, stroke dan sklerosis.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Peningkatan sistem kekebalan tubuh juga termasuk salah satu manfaat dari puasa Senin Kamis. Hal tersebut dikarenakan puasa Senin Kamis dapat membantu menurunkan risiko kerusakan jaringan akibat radikal bebas.

Radikal bebas adalah zat yang sering dikaitkan dengan penuaan dan penyakit-penyakit kronis lainnya.

Baca juga

Leave a Comment