5 Alasan kenapa kita harus bangun pagi

Bagi sebagian orang, bangun pagi merupakan hal yang sangat menyulitkan. Terutama bagi orang-orang yang sudah terbiasa melakukan aktifitas dimalam hari.

Namun tidak sedikit juga yang sudah terbiasa bangun pagi. Terutama bagi para pekerja yang harus berangkat lebih awal dan harus mengejar jadwal keberangkatan bus atau kereta.

Dikutip dari situs hallosehat.com, yang dimaksud bangun pagi adalah bangun antara pukul 4.30 sampai pukul 6.00. Di waktu tersebut, udara akan terasa lebih sejuk dan segar bagi tubuh kita.

Lalu apa sih alasan kenapa kita harus bangun pagi?



1. Tubuh Menjadi Sehat dan Bugar.

Ketika anda menghirup udara segar dipagi hari, tentunya tubuh kita akan lebih segar dan membuat kita menjadi lebih bersemangat untuk olahraga. Selain akan membuat seseorang menjadi lebih sehat, tentunya hal tersebut akan membuat seseorang juga akan menjadi lebih bersemangat dalam beraktifitas dan membuat suasana hati akan menjadi lebih baik.

2. Hidup Menjadi Lebih Produktif

Dalam sebuah penilitan yang dilakukan oleh profesor biologi di University of Education di Heidelberg menemukan bahwa orang yang bangun lebih pagi akan memiliki energi yang lebih banyak. Jika harus dibandingkan dengan orang yang bangun lebih siang, orang-orang-orang yang bangun lebih pagi akan memiliki waktu yang lebih banyak untuk menyiapkan pekerjaan.

Selain itu, waktu pagi hari tentunya akan lebih hening dan sangat cocok digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi.

3. Membantu Mental Menjadi Lebih Sehat dan Positif

Bangun lebih pagi akan membuat seseorang memiliki suasana mental yang lebih baik dan lebih optimis. Bagi kamu yang sering merasa pesimis dan depresi, bisa mencoba untuk membiasakan diri bangun lebih pagi, agar suasana hati menjadi lebih positif.

Bagi kamu yang masih terbiasa bangun siang, bisa mencoba untuk mulai membiasakan diri bangun lebih pagi.

4. Akan Membuat Orang Menjadi Lebih Bahagia

Bagi seseorang yang terbiasa bangun pagi, suasana hatinya akan menjadi lebih bahagia setiap harinya. Tentunya ini akan membantu kita dalam menjalankan aktifas-aktifitas lain selanjutnya.

5. Memiliki Kemungkinan Sukses Lebih Besar

Sebelumnya kita mungkin tidak menyadari bahwa ada hubungan antara kebiasaan bangun pagi dengan kesuksesan. Sebuah penelitian pada tahun 2008 yang dilakukan oleh Universitas Texas, bahwa mahasiswa yang sering bangun pagi memiliki nilai IPK yang lebih tinggi dibandingkan mahasiswa lain yang memiliki kebiasaan begadang dan jarang bangun lebih pagi.

Selain itu, hubungan antara kebiasaan bangun pagi dengan kesuksesan seseorang, diperkirakan hal ini terjadi karena orang-orang yang terbiasa bangun pagi memiliki kepribadian yang lebih baik. Orang yang sering bangun pagi juga dianggap lebih bisa mengatasi masalah manajemen waktu yang buruk. Dengan memiliki waktu yang lebih banyak, seseorang dapat lebih mudah menyelesaikan berbagai tanggung jawab dalam pekerjaannya.

Sumber: hallosehat.com


Baca juga

Leave a Comment