4 Manfaat Liburan untuk Kesehatan, Nomer 3 Jangan Disepelekan!

Setelah penatnya rutinitas yang dilakukan selama satu minggu kebelakang, banyak orang memilih untuk pergi liburan. Entah itu ketempat pariwisata diluar kota, maupun memilih liburan didalam kota.

Liburan tidak harus ke tempat yang jauh, kita juga bisa mendatangi tempat-tempat yang cukup membuat kita merasa nyaman, tenang dan relaks walaupun tempat tersebut berada tidak jauh dari tempat tinggal kita.

Liburan tak hanya untuk bersenang-senang ataupun menghamburkan uang, ternyata liburan memiliki sisi manfaat bagi kesehatan. Baik itu untuk kesehatan jantung maupun untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Seperti dilansir dari situs alodokter.com, berikut ini ada 4 manfaat liburan bagi kesehatan.

1. Memperkuat Imunitas Tubuh

Mungkin sebelumnya kita sudah memaksakan tubuh dan fikiran kita untuk mengerjakan segala macam tugas di kantor atau ditempat kerja lainnya.

Hal tersebut akan membuat tubuh kita melepaskan hormon yang dapat melemahkan sistem kekebalan atau imun tubuh yang berakibat tubuh kita akan lebih mudah terserang flu atau bahkan kondisi yang lebih serius.

Efek dari liburan, akan membuat tubuh kita lebih terasa lebih relaks, dan tentunya hal tesebut dipercaya dapat memperkuat sistem imun kita.

2. Meredakan Stres

Dengan berlibur, kita akan memiliki cukup waktu untuk mengistirahatkan tubuh dan fikiran kita dari berbagai tekanan kehidupan sehari-hari sebelumnya.

Hal tersebut akan membuat kita terhindar dari resiko stres dan bahkan dapat mengurangi depresi.

Riset menunjukan bahwa dampak positif dari liburan ini akan bertahan hingga 5 minggu. Tidak terbatas liburan yang panjang, ataupun singkat.

Bahkan liburan sederhana pun juga bisa memulihkan ketegangan dan stres yang dirasakan selama kita menjalankan aktifitas kerja sehari-hari.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Sebelumnya kita mungkin sudah terlalu banyak menggunakan otak kita untuk berfikir berat untuk menyelesaikan pekerjaan kita, apalagi dengan waktu istirahat yang sedikit.

Jika otak secara terus menerus bekerja untuk memikirkan beberapa permasalahan, maka akan berakibat sulitnya seseorang berkonsentrasi dan akan mengurangi daya ingat seseorang.

Penelitian menunjukan bahwa dengan liburan, kita sudah memberikan otak kita untuk istirahat sejenak. Ketika liburan, kita dapat menyegarkan pikiran kita. Hal tersebut membantu otak agar dapat berfungsi kembali dengan baik.

Tentunya hal tersebut akan mengembalikan kemampuan otak kita untuk berfikir lebih produktif dan fokus.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Berliburpun memiliki manfaat untuk menurunkan resiko penyakit jantung koroner, serangan jantung dan tekanan darah tinggi.

Bahkan dalam studi lain disebutkan bahwa liburan dirumahpun, dapat memperbaiki kontrol gula darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Kesimpulan

Dari ke 4 manfaat liburan diatas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa dengan liburan, kita telah memberikan kesempatan bagi tubuh dan otak kita untuk beristirahat sejenak dari segala macam beban yang kita jalani sehari-hari.

Tentunya hal tersebut akan membuat tubuh kita menjadi lebih relaks dan akan membuat fikiran kita menjadi lebih tenang.

Sehingga kita dapat kembali siap menjalani kesibukan di minggu depan dengan kondisi yang lebih bersemangat.

Agar liburan anda lebih terasa manfaatnya, lebih baik hindari dan lupakan semua hal yang berkaitan dengan beban pekerjaan anda selama liburan.

Selain itu, tetap jaga kesehatan dan keselamatan anda selama liburan, agar anda dapat kembali pulang dengan kondisi yang lebih baik.

Tetap jaga protokol kesehatan ya! đŸ™‚
Selamat liburan!!! đŸ™‚

 

Baca juga

Leave a Comment