5 hal Penting yang Perlu Orangtua Lakukan untuk Kesehatan Anak di Masa Depan

Dalam praktiknya, membesarkan anak tidak sesederhana yang kita fikirkan. Selain asupan makanan, faktor lingkunganpun akan mempengaruhi masa depan anak, terutama masalah kesehatan.

Lantas apa yang seharusnya dilakukan orangtua untuk mempersiapkan kesehatan anak di masa depan.?

Seperti dilansir laman hellosehat.com, setidaknya ada 5 hal yang harus orangtua lakukan untuk memastikan kesehatan anak di masa depan.

1. Memberi Pemahaman Tentang Pentingnya Menjaga Kesehatan Diri

Hal utama yang harus dilakukan orangtua adalah memberikan pemahaman atau pengetahuan tentang pentingnya menjaga kesehatan. Orangtua tentunya dapat memberikan edukasi dengan cara dan bahasa sederhana  yang dapat dengan mudah dimengerti oleh anak-anak.

Orangtua dapat memulai dengan cara memberikan contoh hidup sehat, misalnya mencucui tangan dengan sabun, menggosok gigi sebelum tidur, dan hal-hal lain yang dapat menjadi kebiasaan baik bagi anak dalam menjaga kesehatan diri.

Bai anak yang beranjak dewasa, sangat perlu mendapatkan edukasi tentang masa-masa pubertas. Bagi anak perempuan, orangtua dapat memberikan edukasi tentang menstruasi, sampai cara membersihkan diri pasca menstruasi.

Begitupun bagi anak laki-laki yang beranjak dewasa, berikan mereka pengetahuan tentang ereksi dan mimpi basah. Tentunya juga dapat disertakan dengan pengetahuan cara membersihkan diri pasca mimpi basah, atau sering disebut sebagai mandi besar.

Selain itu, berikan juga anak-anak pemahaman tentang bahaya dari konsumsi obat-obatan terlarang, minuman beralkohol dan pergaulan bebas. Hal tersebut sangat penting diberikan kepada anak-anak yang beranjak dewasa.

Jika orangtua tidak lebih dulu memberikan edukasi terhadap anak-anak, dikhawatirkan mereka akan mendapatkan informasi keliru yang sumbernya tidak dapat dipertanggung jawabkan.

2. Jadi Panutan yang Baik

Sangat penting bagi orang tua untuk menjadikan dirinya sebagai panutan atau contoh bagi anak-anaknya. Karena, anak-anak akan lebih mudah meniru apapun yang dilakukan orangtua.

Maka hal yang paling utama agar anak-anak dapat dengan mudah memiliki kesadaran atas kesehatan dirinya, tentu harus diawali oleh kebiasaan baik dari orangtua. Sehingga, anak-anak akan lebih mudah menyadari bahwa menjaga kesehatan diri itu penting.

3. Berikan Cukup Nutrisi

Jika orangtua memberikan asupan nutrisi yang tepat, itu akan menjadi modal utama bagi kesehatan anak-anak di masa depan.

Mengatur kadar nutrisi dalam makanan tidaklah terlalu sulit, orangtua dapat memulainya dengan menerapkan pola makan seimbang yang mengandung protein, karbohidrat dan lemak baik dari buah dan sayuran.

Satu hal yang harus diingat bagi seorang ibu ketika memasak, usahakan untuk tidak menggunakan minyak secara berlebih. Ibu bisa menyajikan makanan yang dipanggang, ditumis ataupun dikukus.

Lebih baik mengganti camilan yang tidak sehat dengan buah-buahan segar yang kaya akan vitamin. Porsi makan bagi anakpun tetap harus diperhatikan. Berikan porsi yang cukup dan sesuai bagi anak-anak.

Yang paling penting, wajibkan anak-anak untuk sarapan setiap hari dan tidak melewatkan makan siang ataupun malam.

4. Ajarkan Anak Untuk Aktif Bergerak

Dijaman yang serba teknologi saat ini, tidak sedikit anak-anak yang terlalu lama berdiam diri dengan perangkat telpon genggamnya, ataupun dengan perangkat televisi. Hal itu tentu sangat tidak baik bagi kesehatan anak di masa depan.

Selain dapat mengganggu kesehatan mata si anak, juga akan berdampak tidak baik bagi kesehatan tubuhnya. Ajari anak untuk selalu aktif bergerak.

Terutama di pagi hari, ajak anak-anak untuk olahraga bersama keluarga. Agar olahraga pagi hari akan menjadi kebiasaan baik bagi anak-anak di masa depan. Dengan selalu aktif bergerak, membuat jaringan otot, tulang dan persendian akan menyerap nutrisi lebih baik.

5. Lakukan Imunisasi

Dengan pemberian vaksinasi atau imunisasi terhadap anak, anak-anak tercegah dari bahaya penyakit. Imuniasi dilakukan dengan cara menyuntikkan bentuk lemah dari virus atau bakteri tertentu.

Tentu hal tersebut anak memicu respon kekebalan tubuh anak. Sehingga, tubuh akan memproduksi antibodi untuk melawan penyakit tersebut.

Di Indonesia Sendiri, ada 5 jenis imunisasi gratis yang wajib diberikan kepada anak-anak. Orangtua dapat mendapatkannya dari Posyandu sejak bayi lahir.

Adapun jenis imunisasi tersebut adalah, Hepatitis B, BCG, Polio, Campak, dan Pentavalen (DPT-HB-HiB). Khusus vaksin pentavalen diberikan dengan tujuan agar anak dapat tercegah dari 6 penyakit sekaligus, yaitu difetri, pertusis, tetanus, hepatitis B, penumonia, dan meningitis (radang otak).

Bagi Ayah Bunda yang mungkin sampai saat ini masih belum menyadari bahwa kesehatan anak di masa depan itu harus dipersiapkan dari sekarang, yuk kita mulai hidup sehat bersama anak-anak kita! đŸ™‚

Sumber: hellosehat.com

Baca juga

Leave a Comment