fbpx

SMC Gelar LDKS untuk 119 Siswa SMA/SMK di Karawang

Saan Mustofa menyampaikan sambutan dalam upacara pembukaan LDKS yang digelar SMC

KARAWANG-Yayasan Saan Mustopa Center (SMC) menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan (LDKS) yang diikuti 119 siswa SMA se derajat di Karawang. Kegiatan itu digelar di Desa Pisangsambo, Kecamatan Tirtajaya selama tiga hari mulai 7 hingga 9 Febuari 2020.

Katua Yayasan SMC, Enda menyebutkan, LDKS ini program unggulan SMC, ini merupakan tahun keenam yang rutin dilaksanakan tiap tahun, pesertanya siswa dan siswi pilihan SMA/SMK se-Kabupagen Karawang.

“Kegiatan ini merupakan tradisi menanam, semangat optimisme untuk generasi milenial, kita ingin mewujudkan pemimpin milenial sesuai tema kegiatan,” jelasnya, Jumat (7/2/2020).

Sebagai ‘follow up’ dari kegiatan ini, SMC menyediakan ruang diskusi dan ruang pelatihan-pelatihan, agar kedepan alumni LDKS ini mempunyai jiwa kompetitif dan semangat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Baca Juga: Ihsanudin Raih Penghargaan Tokoh Peduli Pemuda Dari KNPI Karawang

“Yayasan SMC menyediakan beasiswa ke perguruan tinggi negeri bagi siswa berprestasi dan alumni LDKS,” kata Enda.

Di tempat sama, Pembina Yayasan SMC, Saan Mustopa menyatakan, LDKS yang dia ciptakan ini didedikasikan untuk menumbuhkan ‘leadership’ siswa.

Dijelaskan Saan Mustopa, LDKS ini mengajarkan kondisi yang ada di luar dinding sekolah, maksudnya mengajarkan siswa menganalisis dan beradaptasi nyata di luar sekolah, ini untuk menumbuhkan kepekaan dan kepedulian siswa terhadap lingkungannya.

“Kedepan, peserta LDKS ini harus punya modal ‘social capital’, tidak hanya kenal satu sekolah, tetapi memiliki jaringan dengan sekolah lain,” kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI ini.

Maka, kata Saan, harus dipahami LDKS ini juga untuk membangun jaringan pertemanan dan persahabatan, juga kepercayaan. Sebab, kedepan bangsa ini harus punya generasi pekerja keras, yang memiliki jaringan sosial luas.

20 tahun yang akan datang, peserta LDKS ini akan tiba pada kesuksesannya di bidang masing-masing, ada yang jadi akademisi, politisi juga profesional.

“Semua akan mencapai puncak yang sama, yaitu kesuksesan,” ucapnya.

Untuk itu, LDKS ini adalah tempat berinteraksi untuk menumbuhkan kemampuan analisis, menjadi generasi yang optimis, pekerja keras dan mampu menaklukan tantangan di sekitarnya.

Pembukaan LDKS dihadiri para kepala SMA/SMK, mereka apresiasi dengan kegiatan LDKS yang rutin di laksanakan politisi Partai NasDem, Saan Mustopa.(red)

Baca juga

Leave a Comment