Simak! Ini Jadwal dan Sasaran Operasi Patuh Lodaya 2019 Polres Purwakarta

Penertiban Lalu Lintas oleh Satlantas Purwakarta. (Foto : Uwes/Praja).

PURWAKARTA-Masih tingginya angka pelanggaran berlalu lintas hingga tingginya angka kecelakaan di jalan, Polres Purwakarta akan segera menggelar operasi Patuh Lodaya pada akhir bulan Agustus ini.

Operasi yang ditujukan untuk menciptakan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu lintas (Kamseltibcarlantas) itu akan serentak digelar untuk wilayah hukum Polda Jawa Barat.

“Operasi Patuh Lodaya 2019 ini, diharapkan para pengendara semakin mematuhi peraturan lalulintas serta menggunakan pengaman dan melengkapi surat-surat kendaraan bermotornya,” kata Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius, melalui Kasat Lantas, AKP Ricky Adipratama, saat ditemui di ruangan kerjanya, Selasa (27/8/2019) siang.

Untuk waktunya, lanjut Ricky, operasi tersebut akan di gelar selama 14 hari terhitung dari tanggal 29 Agustus hingga 11 September 2019 nanti dengan tempat – tempat yang sudah ditentukan.

Baca juga : Biadab! Diduga Hasil Hubungan Gelap, Jasad Bayi Ditemukan Warga Dipinggir Jalan

“Ya operasinya selama 14 hari dan beberapa tempat menjadi targetnya. Untuk itu pengendara diharapkan lebih tertib lagi berlalu lintas dan selalu membawa surat kelengkapan kendaraannya,” jelasnya.

Selain itu, pelaksanaan Patuh Lodaya tahun 2019 tersebut juga selain membuat tertib pengendara di jalan raya juga sekaligus bertujuan untuk meminimalisir lakalantas.

“Seperti ketahui sebagian besar penyebab kecelakaan akibat pengendara tidak tertib di jalan,” imbuhnya.

Diketahui, ada sembilan indikator yang menjadi target sasaran operasi tetsebut, di antaranya pengendara yang tidak memakai helm SNI, sirene dan rotator lampu, tidak memasang sabuk pengaman (Sefety Bell). Selain itu juga menggunakan hendphone saat mengemudi, pengemudi yang masih di bawah umur, melawan arus, mabuk pada saat berkendara dan melebihi batas kecepatan.

Baca juga : Pemkab Purwakarta Upayakan Kenaikan Gaji Guru Honorer

“Sesuai arahan dari pak Kapolres, untuk di Purwakarta ini kita ada 9 prioritas sasaran operasi,dan yang paling dipioritaskan pak Kapolres yakni kendaraan yang menggunakan knalpot bising,” ungkapnya.

Penertiban knalpot bising ini, tambah dia, merupakan komitmen Polres Purwakarta dalam memberikan rasa aman dan nyaman untuk masyarakat Purwakarta, maka dari itu pihaknya terus menggiatkan operasi penertiban knalpot bising.

“Keluhan masyarakat akibat suara motor dengan knalpot bising membuat masyarakat tidak nyaman dan terganggu, ini jadi alasan kami razia kendaraan roda dua dengan knalpot bising,” tutupnya. (wes/tif).

Baca juga

Leave a Comment