Sambil Menunggu Pimpinan Definitif, Ini Agenda Anggota DPRD Kabupaten Karawang

Pimpinan Sementara DPRD Kabupaten Karawang, Pendi Anwar. (Foto : Latif/Praja).

KARAWANG-Sambil menunggu pimpinan definitif dan alat kelengkapan dewan (AKD) DPRD Kabupaten Karawang belum terbentuk, pimpinan sementara DPRD Kabupaten Karawang mengagendakan orientasi pengayaan atau bintek anggota DPRD periode 2019-2024.

Menurut pimpinan sementara DPRD Kabupaten Karawang, Pendi Anwar, kondisi tupoksi parlemen periode saat ini berbeda dengan tupoksi periode 2014-2019. Bila merujuk pada PP Nomor 16 Tahun 2010 yang jadi acuan Tatib DPRD periode 2014-2019, pimpinan sementara selain bisa memfasilitasi terbentuknya fraksi juga bisa memfasilitasi terbentuknya AKD.

Namun, sambungnya, konsideran tupoksi pimpinan sementara periode sekarang merujuk PP Nomor 12 Tahun 2018 Tentang Tatib, hanya bisa fasilitasi pembentukan fraksi, tidak bisa memfasilitasi terbentuknya AKD kecuali oleh pimpinan definitif.

Baca juga : Studi Banding Anggaran, Banggar DPRD Bengkayang Kunker Ke DPRD Karawang

“Dahulu pimpinan sementara bisa memparipurnakan AKD, kalau sekarang tidak bisa. Menunggu dulu pimpinan definitif,” ucapnya, kepada Prasastijabar.com, Selasa (27/8/2019).

“Daripada menunggu kedua partai (Demokrat dan Gerindra) ajukan pimpinan definitif belum selesai, kami ajukan agenda bintek anggota dewan kepada Setwan DPRD Karawang,” tambahnya.

Kata Pendi, kegiatan bintek yang difasilitasi oleh Pemprov Jawa Barat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan terkait tupoksi anggota dewan yang baru dilantik.

Baca juga : Rangkaian Kegiatan HUT Ke-74 RI DPRD Karawang

“Terkait pelaksanaannya, kemarin infonya Setwan telah konsultasi ke Pemprov untuk minta jadwal pelaksanaanya,” imbuhnya.

Selain itu, ucapnya, pihaknya meminta kepada seluruh anggota di masing-masing fraksi untuk mengkaji dan evaluasi tatib yang lama, apakah dengan adanya konsideran yang baru ini merubah isi tatib atau tidak.Jika ada perubahan isi tatib maka hal itu akan dibahas bersama lintas fraksi.

“Sehingga ketika paripurna nanti dan dipansuskan, maka tidak perlu waktu lama lagi untuk pembahasannya karena sudah dikaji sebelumnya,” pungkasnya. (red).

Baca juga : 50 Caleg Terpilih Resmi Dilantik Jadi Anggota DPRD Karawang Periode 2019-2024

Baca juga

Leave a Comment