Rieke Diah Pitaloka Minta Aparat Penegak Hukum Lakukan Pembuktian Terbalik dalam Perkara Valencya

Rieke Diah Pitaloka bertemu dengan Valencya

KARAWANG – Rieke Diah Pitaloka, anggota Komisi VI DPR RI meminta aparat penegak hukum melakukan pembuktian terbalik dalam perkara Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) psykis yang menjerat terdakwa Valencya.

“Saya minta pembuktian terbalik. Ada tidak transaksional dalam perkara ini. Saya bukan menuduh, tapi demi perbaikan peradilan di negeri ini,” ujar Rieke, saat menemui terdakwa Valencya, di Sekretariat PWI Karawang, Kamis (18/11/2021).

Rieke sengaja datang ke Karawang untuk memberikan dukungan moral terhadap Valencya, tedakwa KDRT psykis yang dituntut 1 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) akibat memarahi suami pulang mabuk.

Rieke pun menyempatkan diri mendampingi Valencya di persidangan di Pengadilan Negeri Karawang dengan agenda pembacaan pledoi. “Ya saya akan dampingi Ibu Valen di persidangan,” kata Rieke.

Dijelaskan juga, selain meminta aparat penegak hukum melakukan pembuktian terbalik, Rieke juga akan menggalang petisi untuk mendukung Valencya. “Saya kira Bu Valen itu korban bukan terdakwa. Dia yang mencari nafkah tapi dia yang selalu disudutkan mantan suaminya,” katanya.

Dijelaskan juga, pihaknya tidak bisa mengintervensi keputusan hukum. Dirinya datang ke Karawang untuk memberikan dukungan kepada Valencya karena terkait kemanusiannya.

Disebutkan juga, dalam perkara ini, dirinya sudah tidak bisa bicara hukum normal. Sebab, perjalanan hukumnya sendiri sudah tidak normal.

“Kita gunakan gerakan publik saja,” kata Rieke.

Dari pantauan PR, Rieke datang ke kantor PWI Karawang pukul 11.45 WIB . Tak lama berselang datang Valencya didampingi anak perempuannya.

Rieke langsung berkomunikasi dengan Valencya terkait perkara yang menjeratnya itu. Dengan diiringi derai air mata Valencya menceritakan perjalanan hidupnya bersama manta suaminya, Chan Yun Chin, yang kemudian malah berupaya menjebloskannya ke dalam penjara.

Mendengar cerita itu, Rieke berkali-kali menenangkan Valencya dengan cara memeluknya. Anak perempuan Valencya ikut membeberkan perlakuan buruk papanya kepada Rieke. (Red)

 

Baca juga

Leave a Comment