Rekomendasi Kerja Online yang Mudah Dilakukan dan Menguntungkan

Di era digital seperti sekarang ini, lapangan pekerjaan menjadi semakin luas. Berbagai jenis pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan kita, bisa kita kerjakan secara remote atau online.

Kerja sampingan online ini sangat populer sejak beberapa tahun kebelakang hingga saat ini. Terutama di masa pandemi ini mengalami peningkatan. Bukan hanya waktu, bahkan wilayah kerja kitapun akan menjadi lebih luas.

Lalu, jenis pekerjaan apa saja yang bisa kita lakukan secara online?

1. Programmer

Di kalangan para pembuat software, bekerja secara remote atau online sudah menjadi salah satu tren yang saat ini digandrungi sebagian besar programmer. Dari sisi pengusaha, hal tersebut bisa mengurangi pengeluaran biaya gaji untuk programmer yang saat ini masih tinggi.

Dari sisi programmer sendiri, hal ini sangat menguntungkan. Selain dapat bekerja dimanapun yang kita harapkan, seorang pekerja lepas di bidang programmer, dapat mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus jika memang memiliki kemampuan untuk melakukan hal itu.

2. Penulis Lepas

Bagi yang memiliki kemampuan dan hobi menulis, bidang ini sangat cocok untuk dijalankan. Banyak situs-situs media online yang membutuhkan kontributor atau penulis lepas untuk mengisi beberapa rubrik yang dibutuhkan.

Kita bisa membuka jasa kita melalui forum-forum tempat berkumpulnya para pemiliki situs, atau forum-forum tempat berkumpulnya para penulis. Selain itu, kita juga bisa bergabung dengan komunitas-komunitas yang di dalamnya khsusus para pekerja lepas.

Pekerjaan ini biasanya dibayar sesuai dengan jumlah karakter dari artikel yang dikirimkan. Atau kita bisa melihat beberapa situs penyedia jasa penulis artikel sebagai referensi harga per-artikel yang kita buat.

3. Reseller Online Shop

Bagi yang memiliki hobi jualan, menjadi reseller online mungkin salah satu pekerjaan yang cocok. Saat ini banyak sekali brand-brand produk yang membuka reseller produknya yang bisa kita cari di marketplace seperti tokopedia, bukalapak ataupun marketplace lain.

Keuntungan menjadi Reseller, kita tidak perlu repot memikirkan bagaimana cara memproduksi suatu produk. Beberapa distributor atau produsen, menentukan minimum pembelian jika kita ingin terdaftar sebagai Reseller. Tapi ada juga yang tidak menerapkan ketentuan tersebut. Tinggal pintar-pintar kita saja mencari dan memilih.

Namun jika kita benar-benar tidak mau mengeluarkan modal sama sekali untuk pembelian produk, kita juga bisa menjadi dropshipper. Dropshipper hampir sama seperti reseller, yang membedakannya adalah, dropshipper tidak diharuskan memiliki stok barang terlebih dahulu.

4. Design Grafis

Bagi yang punya hobi menggambar, menjadi seorang desainer lepas bisa menjadi pilihan yang menarik. Banyak perusahaan yang lebih suka mencari desainer lepas.

Selain untuk keperluan pembuatan logo, desainer lepas juga sering mendapatkan tawaran pembuatan company profile perusahan, spanduk, konten media sosial, dll.

Bagi yang tidak memiliki perangkat komputer atau laptop yang mumpuni, kita bisa memanfaatkan handphone kita untuk melakukan desain. Untuk Android sendiri, banyak aplikasi-aplikasi pendukung yang bisa memudahkan kita untuk membuat desain yang bagus.

5. Penerjemah

Untuk pekerjaan yang satu ini, mungkin akan terlihat sulit bagi sebagian orang. Namun akan menjadi pilihan yang menggiurkan bagi orang-orang yang memiliki kemampuan lebih dari satu bahasa.

Saat ini banyak sekali orang-orang yang mulai membuka jasa penerjemah online. Baik di marketplace freelancer, maupun yang dipasarkan melalui grup atau forum-forum online. Mulai dari menerjemahkan bahasa Inggris, juga banyak penerjemah bahasa Korea, Jepang, Mandarin, maupun bahasa-bahasa negara bagian Eropa seperti Jerman, Belanda, Prancis, dll.

6. Admin Sosial Media

Kata siapa hobi bermain sosial media tidak bisa menghasilkan uang? Beberapa perusahaan lebih memilih untuk mencari Admin Sosial Media. Pasalnya, jika akun media sosial dikelola dengan baik oleh ahlinya, maka pemilik perusahaan akan mendapatkan keuntungan juga.

Selain untuk keperluan branding, juga sebagai tempat untuk mempromosikan produknya. Untuk bisa menghasilkan konten-konten menarik, maka perusahaan perlu mencari orang khusus yang ahli dibidang pengelolaan sosial media.

Lalu apa saja yang dikerjakan seorang Admin Sosial Media? Seorang admin media sosial, akan dituntut untuk mampu membuat desain dan menulis beberapa caption yang baik agar konten yang ada di akun sosial media tersebut terlihat menarik.

7. Jualan Online

Masa pandemi Covid-19 ini sebagai titik awal meningkatnya aktivitas jual beli online di beberapa penjuru dunia. Terutama bagi para pengusaha atau para pedagang yang sangat terdampak kebijakan PPKM yang diterapkan di beberapa daerah di Indonesia.

Meningkatnya aktivitas jual beli online ini, bisa kita manfaatkan dengan menjual beberapa produk kita di marketplace online yang saat ini sedang ramai. Seperti tokopedia, bukalapak ataupun shopee.

8. Data Entry

Jenis pekerjaan ini terbilang mudah. Seseorang tidak memrlukan skill yang spesifik. Kita cukup memiliki kemampuan dasar penggunaan komputer beserta aplikasi pengolah data seperti Microsoft Office.

Jenis pekerjaan Data Entry pun beragam. Mulai dari mengetik, melakukan input data kedalam sistem, dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan penginputan data.

9. Influencer

Nah untuk yang satu ini, mungkin tidak banyak yang bisa melakukannya. Karena untuk bisa menjadi seorang Influencer, kita harus memiliki akun media sosial yang dialamnya banyak follower.

Jadi jika ingin menjadi Influencer, kita harus memperbanyak follower di akun media sosial kita ya! đŸ™‚

10. Streamer Game

Bagi sebagian orang tua mungkin menganggap bahwa bermain game merupakan kegiatan yang hanya menghabiskan waktu saja. Tapi bagi yang memiliki kemampuan bermain game dengan baik dan kebetulan memiliki penampilan dan ciri khas komunikasi dengan penonton yang menarik dan unik, menjadi seorang streamer game bisa menjadi pilihan.

Tidak tanggung-tanggung, penghasilan menjadi seorang Streamer Game tidak main-main. Apalagi jika penontonya selalu banyak disetiap live streaming. Penghasilan Streamer Game dapat menembus puluhan hingga ratusan juta perbulan.

Baca juga : Beberapa Situs untuk Mencari Pekerjaan Online, Cocok di Masa Pandemi

Baca juga

Leave a Comment