Penguatan Profil Pelajaran Soal Kearifan Lokal Dalam Perspektif Global, SMAN 1 Cikampek Lakukan Studi Kampus ke PTN di Yogyakarta

SMAN 1 Cikampek saat melaksanakan studi kampus ke PTN di Yogyakarta

KARAWANG-Sebagai upaya meningkatkan sinergitas dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia, Sekomplek Menengah Akhir Negeri (SMAN) 1 Cikampek Kabupaten Karawang melaksanakan studi kampus ke Universitas Gajah Mada (UGM) dan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta pada 14-15 Januari 2024.

Kepaela SMAN 1 Cikampek, Drs. H. Agus Setiawan MPd., memaparkan, kegiatan ini diikuti oleh 387 siswa kelas XI dari berbagai pilih mata pelajaran.

“Studi kampus dilakukan untuk memotivasi para siswa agar tertarik melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Serta meningkatkan pemahaman mereka tentang dunia perguruan tinggi,” ujarnya, (17/1/2024).

Ia mengungkapkan, salah satu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan adalah projek penguatan profil pelajar dengan tema “Kearifan Lokal dalam Perspektif Global”.

Selai itu, para siswa juga melakukan kunjungan ke situs Keraton Yogyakarta serta wawancara kepada Abdi Dalem Keraton dan masyarakat sekitar.

“Kegiatan ini dirancang untuk memberikan pemahaman kearifan lokal yang menjadi bagian dari indentitas budaya bangsa. Dengan projek ini diharapkan para siswa dapat mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam konteks global,” ungkap H. Agus.

Ia berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan minat siswa untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi.

“Selain itu, diharapkan para siswa tetap memiliki wawasan global tanpa kehilangan identitas budaya dan kearifan lokal yang merupakan kekayaan bangsa Indonesia,” pungkasnya.(zak)

Baca juga

Leave a Comment