Pelajar Karawang Bersaing Dengan Corona

Akhmad Dimyati

Prasastijabar.co.id-Mulai akhir tahun 2019 virus Corona mulai mewabah Kota Wuhan di China. Covid-19, nama ilmah virus tersebut, akhirnya sangat sporadis mewabah ke seluruh penjuru dunia. Sehingga dalam kurun waktu lima bulan sejak kemunculannya, Covid-19 telah menelan kurang lebih 75.000 jiwa.

Seluruh negara di dunia tidak tinggal diam, berbagai macam cara untuk membunuh dan mencegah penyebaran Corona. Namun sampai saat ini Corona belum juga reda khususnya di Indonesia.

Imbas wabah corona membuat pemerintah Indonesia menekankan masyarakat untuk tinggal di rumah sementara waktu. Perekonomian, pendidikan, keagamaan, khususnya di Karawang mendadak mati suri.



Dampak wabah covid-19, terhadap dunia Pendidikan Karawang sangat besar. Sebagai akademisi, kejadian tersebut membuat kami memutar otak dengan membuat metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) / daring.

Kendati sempat kesulitan beradaptasi, kesungguhan pelajar Karawang dalam melakukan PJJ perlu diapresiasi. Berbagai model tugas pembelajaran dari sekolah dibawah bimbingan para gurunya, berjalan dengan baik.

Disinilah kreativitas pendidik diuji. Pada situasi tak terduga seperti sekarang, peran seorang pendidik harus mampu memanfaatkan berbagai alat bantu pendukung pembelajaran.

Sejumlah aplikasi jejaring sosial yang tersedia dan mudah didapat, harus dipilah agar proses PJJ berjalan sesuai harapan.
Sejumlah aplikasi yang ditawarkan seperti Zoom, Goggle Classroom, Webex dan lain-lain dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Khusus mapel Pendidikan Jasmani, metode pembelajaran jarak jauh yang diberikan kepada siswa, di antaranya berupa tugas berolahraga selama 15 menit setiap hari. Penugasan dikirim langsung kepada siswa melalui jejaring sosial.

Olahraga dilakukan pagi hari menjelang siang, ketika pancaran matahari mengeluarkan ultraviolet sesuai anjuran para ahli. Siswa berolahraga dan kemudian kegiatannya di rekam menggunakan aplikasi video. Hasil dari prosesnya dikirim siswa kepada guru melalui online baik melalui email maupun whatsapp.

Harapannya, ditengah pandemik Covid-19 saat ini, para pelajar Karawang bisa tetap konsisten dalam mencari asa Pendidikan yang layak. Jangan mau kalah dengan Corona yang penyebarannya cepat ke seluruh dunia. Kita pun harus bisa memperluas pemikiran dengan metode pembelajaran jarak jauh secara daring. Kita malah bisa lebih inovatif dan kreatif dalam belajar.

Semangat pelajar Karawang, kita yakin dan harus mampu bersaing dengan virus corona. (dit/tif).

Penulis : Akhmad Dimyati
Pekerjaan : Dosen Prodi PJKR Unsika

Baca juga

Leave a Comment