Pastikan Kondisi Kendaraan Umum Aman Saat Libur Nataru, Dishub Karawang Lakukan Ramp Chek

KARAWANG-Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Karawang melaksanakan ramp chek kepada sejumlah kendaraan di beberapa terminal yang ada di Kota Pangkal Perjuangan. Kegiatan tersebut untuk memastikan kendaraan umum aman saat beroperasi pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Kepala Dihub Karawang, Agus Kurnia melalui Plt Kepala UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB), Herdiansyah A. Z. mengatakan, untuk memastikan keamanan kendaraan umum khususnya bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Pariwisata saat beroperasi pada libur Nataru, pihaknya bersama Polres Karawang dan Dinas Kesehatan melalukan ramp chek dan tes kesehatan sopir.

“Sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat, untuk memberikan rasa aman dan nyaman saat menggunakan moda transportasi khususnya bus AKAP, AKDP dan Pariwisata pada libur Nataru, kami bersama Kepolisian dan Dinas Kesehatan melaksanakan ramp chek serta memastikan kesehatan para sopir. Selain itu juga memastikan sopir terbebas dari pengaruh alkohol dan narkoba,” ujarnya, Jumat (22/12/2023).

Ramp chek dikasih di terminal klari pada tanggal 20 Desember 2023. Sebanyak 15 unit bus dan 30 orang sopir plus konektur menjalani pemeriksaan.

“Di terminal Klari ada dua unit yang ditemukan dalam kondisi tidak layak beroperasi. Satu unit bermasalah pada persyaratan administrasi, karena surat-suratnya ditilang. Lalu satu unit lagi kondisi ban harus sudah diganti,” papar Herdiansyah.

Lalu pada tanggal 21 Desember 2023 ramp chek kembali dilaksanakan di pool bus Warga Baru. Sebanyak 3 unit bus diperiksa di lokasi tersebut.

“Ketika kami datang ke poll bus Warga Baru, hanya ada tiga unit bus yang standby, sedangkan bus lainnya sudah beroperasi. Dari tiga unit yang ki periksa, semuanya sudah laik beroperasi,” tandasnya.(zak) 

Baca juga

Leave a Comment