Operasi Zebra Lodaya Digelar, Protokol Kesehatan Tetap Menjadi Perhatian

Kasat Lantas Polres Karawang, AKP Peterson Timisela

KARAWANG-Empat belas hari kedepan Polres Karawang menggelar Operasi Zebra Lodaya 2020. Operasi yang dimulai 26 Oktober 2020, itu menitik beratkan penekanan keselamatan lalu lintas, urai kemacetan, dan adaptasi kebiasaan baru pencegahan Covid-19.

Kasat Lantas Polres Karawang, AKP Peterson Timisela, dalam rapat kordinasi lintas sektoral di aula Satantas, mengatakan, Operasi Zebra 2020 digelar secara hunting tidak stasioner seperti terdahulu.

“Operasi tetap mengedepankan protokol kesehatan, dalam memutus mata rantai penyebaran covid 19,” kata AKP Peterson Timisela, di Mapolres Karawang, Jumat (23/10/2020).



Dikatakan AKP Timisela, Operasi Zebra digelar mulai tanggal 26 Oktober sampai 8 November 2020.Operasi dioptimalkan terciptanya ketertiban dan kelancaran serta kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas.

“Pola kegiatan dikedepankan 45 persen Preemtif, 45 persen Preventif, dan 10 persen penegakkan hukum atau penindakan,” paparnya.

Selain penindakan, lanjut Timisela, sasaran operasi mengurai kemacetan lalu lintas, diharapkan dapat menekan penularan covid19.

“Target operasi juga meliputi kerumunan komunitas otomotif, masyarakat yang datang dari luar Karawang, pengemudi online, dan aktifitas keramaian warga,” ungkapnya.

Namun, petugas tetap melaksanakan upaya deteksi dini, berupa sosialisasi, pembinaan dan penyuluhan.

“Tindak tilang tetap diberikan kepada pelanggar lalu lintas, berupa pemotor yang tidak menggunakan helm, pengendara dibawah umur, dan juga yang melawan arus,” ujar Timisela.

AKP Peterson Timisela berharap, warga Karawang tetap disiplin dalam berkendara, baik menggunakan helm, tidak melawan arus dan tetap menggunakan masker sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19.(dit/zak)

Baca juga

Leave a Comment