fbpx

Masuki Musim Penghujan, Wilayah Wanayasa Siaga Bencana

AKP Sutikno bersama Babinkamtibmas tengah memasang plang peringkatan di titik-titik rawan longsor.

PURWAKARTA-Wilayah Kecamatan Wanayasa menjadi salah satu wilayah di Kabupaten Purwakarta yang masuk dalam wilayah rawan bencana longsor.

Untuk melakukan upaya deteksi dini, jajaran Kepolisian pun diminta siaga dan memonitor sejumlah titik yang dinilai rawan terjadinya tanah longsor.

Kapolres Purwakarta AKBP Matrius melalui Kapolsek Wanayasa AKP Sutikno mengatakan, masyarakat diminta agar segera melaporkan kepada pihak terkait, baik itu ke pemerintah desa setempat, para anggota Babinkamtibmas maupun Babinsa, bila mengetahuia adanya potensi terjadinya bencana alam.

“Semua anggota Babinkamtibmas terus monitor dan diminta langsung menindaklanjuti setiap laporan yang masuk,” ujar Sutikno, Kamis (5/12/2019).

Baca juga : Gara- Gara Aksinya Saat Tugas Ronda, Dua Warga Ini Dipanggil Kapolres Purwakarta

Bukan tanpa alasan, ditambahkan Sutikno, wilayah Wanayasa mempunyai letak geografis di dataran tinggi. Sehingga potensi tanah longsor sangat tinggi terjadi.

“Masyarakat Wanayasa terutama yang berada di daerah lereng perbukitan maupun dekat aliran sungai, harus ekstra hati-hati. Karena curah hujan tinggi yang terus mengguyur wilayah Kecamatan Wanayasa, bisa saja menjadi penyebab bencana alam, seperti longsor maupun banjir,” ujarnya.

Baca juga : Forum Kepsek SMK Swasta Sesalkan Ada Pelajar Terlibat Jaringan Narkoba

Sebagai antisipasi, pihak kepolisian pun lakukan pengecekan rutin ke beberapa lokasi rawan longsor dan meminta masyarakat tetap waspada.

“Guna antisipasi dan deteksi dini terjadinya banjir maupun longsor, kami terus mengecek setiap daerah di wanayasa, terutama yang terdapat sungai atau rumah warga yang berada di lereng perbukitan,” pungkasnya. (wes/tif).

Baca juga

Leave a Comment